Mohon tunggu...
yunan dzakiyul fuad
yunan dzakiyul fuad Mohon Tunggu... Mahasiswa - tampan dan pemberani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030097

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Hidupmu Merasa Boros? Segera Lakukan Penghematan dengan Cara Ini

28 Juni 2021   22:12 Diperbarui: 28 Juni 2021   22:16 159 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidupmu Merasa Boros? Segera Lakukan Penghematan dengan Cara Ini
sumber: kompas.com

Sudahkah Anda menjalani hidup sederhana hari ini? Sangat mudah untuk mengatakan bahwa seseorang hidup hemat, tetapi tidak demikian dalam praktiknya. "Hidup sederhana" masih sinonim dan harus dipahami dalam arti pikiran negatif, seperti "berhemat, keserakahan dan kurang kesenangan dalam hidup", hal itu akan menyelamatkan hidup kita dan menjadi lebih aktif. Situasi keuangan kita akan menjadi lebih sehat. Banyak orang ingin menghemat uang dan mengurangi pengeluaran bulanannya, namun godaan akan selalu muncul, sehingga tidak jarang mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Lakukan apa pun yang kamu inginkan daripada membeli. Seringkali ada permintaan tanpa menyadarinya. Jadi, bagaimana cara menghemat uang tanpa membuat kamu sakit? Bagaimana cara menghemat uang tanpa memperhatikan kebutuhan penting lainnya? Simak tips menghemat uang dengan cara yang menyenangkan dan sederhana: Pengelolaan uang yang disiplin, mengelola keuangan kamu dengan mudah. Yang terpenting adalah disiplin pengelolaan dana. Jika kamu memilih untuk menabung, pastikan tabungan kamu tidak hanya bertahan selama seminggu, tetapi kamu juga bisa melanjutkannya.

Tentukan pendapatan dan pengeluaran kamu. Cara pertama untuk menghemat uang setiap bulan adalah dengan mengetahui pendapatan dan pengeluaran bulanan kamu. Ini adalah bagaimana kamu dapat mengetahui apakah kamu dalam kondisi baik. Namun ketika pengeluaranmu melebihi pendapatan kamu, proses ini menjadi sulit. Dalam hal ini, kamu dapat mengubah urutan prioritas. Buat rencana tabungan untuk membantu kamu memahami arus kas keuanganmu, dan kamu harus membuat rencana tabungan. Ada sistem yang sangat ketat untuk jenis tabungan ini.

Sebaiknya kamu juga memisahkan rekening tabungan dari rekening harian milikmu. Jika kamu sudah memiliki rencana tabungan, kamu bisa berinvestasi atau menabung dari dana pendidikan anak kamu. Kamu juga harus mengelola dana bulanan dengan bijak. Caranya adalah dengan menyisihkan uang yang bisa ditarik secara otomatis. Jika saldo akun kamu tidak mencukupi, kamu akan dikenakan sanksi. Rencanakan anggaran atau dana untuk tabungan.

Disiplin kelola dana kamu dengan cara yang sederhana, seperti melakukan pembelian sesuai kebutuhanmu. Kemudian, perhatikan disiplin dalam menabung dan berinvestasi untuk mempersiapkan kebutuhan keuangan di masa depan. Lacak pengeluaranmu secara teratur. Meningkatkan pendapatan memang bagus. Akan tetapi, belajar memperhatikan pengeluaran juga penting untuk menjaga keseimbangan hidup yang rendah hati. Cara termudah adalah dengan menyediakan notebook atau catatan kecil buat kamu sendiri untuk laporan keuangan harian atau mingguan, atau menggunakan entri di notebook smartphone Anda.

Untuk menghemat uang, kamu perlu mengurangi kebiasaan belanja kamu. Misalnya, dibutuhkan satu jam untuk membeli suatu produk. Oleh karena itu, cobalah untuk mengubahnya dengan berpikir sehari sebelum membeli. Jika kamu melakukan ini, kamu akan menemukan bahwa produk yang kamu coba beli tidak dapat memenuhi kebutuhan kamu. Kurangi pembelian barang atau barang penting lainnya yang tidak penting, karena memungkinkan kamu untuk berinvestasi dan menabung.

Di zaman modern ini, kedua hal ini memegang peranan penting dalam mengelola keuangan. Tujuan menabung adalah untuk memenuhi kebutuhan masa depan, terutama dalam hal literasi keuangan. Dari segi investasi, kamu bisa menyelamatkan aset dari inflasi. Kamu juga bisa mencoba berinvestasi emas dan saham. Tetap sehat adalah penting untuk tetap sehat. Biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu perlu rajin berolahraga dan makan secara teratur, dan jangan menyalahgunakan kartu kredit.

Catat secara teratur semua pengeluaran harian atau mingguan kamu selama sebulan. Buatlah analisis sederhana tentang pengeluaran bulanan kamu yang dikategorikan oleh kamu sebagai pengeluaran wajib, opsional dan biaya tambahan. Kurang-kurangi biaya yang dapat kamu kurangi atau hemat. Mengurangi pengeluaran bulanan adalah salah satu cara paling efektif untuk menghemat uang, atau mungkin sebaiknya kamu membuat akun cadangan. Tahukah Anda manfaat memiliki akun? Untuk menghemat uang dan mengelola dana kamu dengan lebih baik. Ini sangat mudah dan akan berdampak positif pada keuangan kamu. Buat rekening tabungan alternatif yang tidak memerlukan penggunaan kartu debit.

Namun, beberapa pekerjaan kamu menghabiskan banyak uang, kamu selalu menghabiskan waktu dengan lebih banyak orang yang menghabiskan lebih banyak uang dan kamu tinggal di dekatnya. Salah satu cara untuk menghemat uang adalah dengan menghindari godaan. kamu bisa menghentikan kebiasaan pergi ke mal dan mencoba menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah dan juga untuk mengurangi pertemuan yang tidak perlu dengan teman. Bawa bekal ke kantor juga termasuk cara menghemat uang setiap hari.

Setiap satu rekening tabungan menerima gaji bulanan, segera transfer sejumlah nominal tertentu ke rekening tabungan lain atau aktifkan saja opsi transfer otomatis sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengirimkan manual. Perlu diingat, setiap kali kamu menerima bonus, kamu mentransfer dana langsung ke akun lain. Lupakan bahwa kamu memiliki uang ekstra di akun cadanganmu, sehingga uang yang disimpan tidak akan dihabiskan untuk keinginan membeli di luar negeri. Dana di rekening alternatif ini sebaiknya hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak atau urgent saja menggunakan sistem pemrosesan. Sistem pemrosesan adalah salah satu cara termudah untuk mengelola keuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x