Mohon tunggu...
yunan dzakiyul fuad
yunan dzakiyul fuad Mohon Tunggu... Mahasiswa - tampan dan pemberani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030097

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Goodbye Honda Jazz, and Welcome to Honda City Hatchback!

7 Maret 2021   15:09 Diperbarui: 7 Maret 2021   18:16 1125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Goodbye Honda Jazz. Yes! Akhirnya pabrikan mobil Honda yang berada di Karawang, Jawa Barat tersebut secara resmi mengumumkan kepada publik bahwa Honda tidak lagi memproduksi Honda Jazz. Karena pabrikan Honda tersebut telah menyiapkan suatu mobil yang cukup familiar di Indonesia, yaitu Honda City. Namun, Honda City yang kita kenal ini merupakan sebuah mobil sedan yang merupakan saudara dekat Honda Jazz. Tetapi, itu sedan. Kenapa Honda memasukan Honda City sebagai penggantinya?

PT. Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa Honda City yang dimasukan ke Indonesia merupakan varian Hatchback dari basisnya yang merupakan sebuah mobil sedan. Mobil tersebut dimasukan ke Indonesia untuk menggantikan Honda Jazz yang sudah berhenti di produksi bulan lalu di pabriknya didaerah Karawang karena Honda Jazz sudah memasuki generasi ke-4. Sebenarnya Honda Jazz generasi ke-4 sudah diperkenalkan di Jepang. Namun karena satu dan lain hal, akhirnya Honda Jazz tidak masuk ke Indonesia dan digantikan oleh Honda City Hatchback.

Honda City sejak pertama kemunculannya merupakan saudara dekat dari Honda Jazz. Honda City merupakan Honda Jazz yang dipanjangkan. Dan Honda City hatchback sendiri merupakan Honda yang awalnya berbentuk sedan, kemudian dipotong bagian belakang bagasinya untuk berubah menjadi Hatchback. Bisa di simpulkan bahwa mobil ini adalah mobil Honda yang awalnya berbentuk Hatchback, kemudian dipanjangkan menjadi sedan yang akhirnya dipotong kembali bagian belakangnya menjadi sebuah Hatchback.

Jika kita mengulas sedikit tentang Honda Jazz pada 16 tahun yang lalu, generasi pertama mobil ini masuk ke Indonesia tepatnya pada tahun 2004. Pada saat itu, mobil tersebut masih berstatus CBU Thailand. Kehadiran mobil ini menyita banyak perhatian, karena konsumen mendapatkan pilihan yang pada saat itu masih ada Toyota Starlet yang hits pada jamannya. Keberadaan Honda Jazz tersebut membuat dunia Hatchback semakin bergairah, hingga pada tahun 2005 Toyota membuat Yaris sebagai rivalnya.

Honda Jazz generasi ke-1
Honda Jazz generasi ke-1


Honda Jazz pada masa itu hadir dengan 2 pilihan mesin, yaitu pilihan tipe mesin i-DSI (Intelligent Intelligent Dual & Sequential Ignition) dan yang kedua adalah tipe mesin VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) yang merupakan tipe mesin tertinggi 1.5L. Mesin Honda Jazz untuk pasar Indonesia adalah mesin 4 silinder SOHC 1500cc i-DSI dengan tenaga 85 horse power saja. Sedangkan mesin VTEC 1500cc 4 silinder itu, mampu mengeluarkan tenaga hingga 108 horse power. Cukup besar pada jamannya. Oh iya, kode bodi mobil generasi ini yaitu GD3. Honda Jazz yang tipe VTEC yang paling tinggi juga sudah dilengkapi dengan fitur ABS, EBD, dan BA. Untuk keamanan tambahan yang lain, mobil ini sudah memiliki Dual SRS Airbag. 

Ada yang unik di mobil Honda Jazz ini. Sebab, ada isu miring tentang titik yang berada diatas logo huruf “j” ini yang konon katanya titik tersebut mengandung bahan yang terbuat dari emas dan berlian. Karena isu tersebut beredar dengan sangat cepat, orang-orang yang pada masa itu ingin sekali titik tersebut dan banyak yang mencungkilnya. 

Titik diatas logo huruf
Titik diatas logo huruf "j"

Kemudian pada tahun 2007, Honda kembali mengalami perubahan yang cukup drastis. Pasalnya, Honda Jazz yang kita kenal pada saat itu mengalamin penambahan generasi menjadi generasi ke-2 yang berkode bodi GE8. Honda Jazz generasi ke-2 pertama kali diluncurkan di Tokyo Motor Show pada tahun 2007. Yang membedakan desain model dari generasi pertama dan kedua adalah modelnya yang makin melebar, baik dari segi bodi, wheelbase maupun kabin.

Honda Jazz generasi ke-2
Honda Jazz generasi ke-2

Honda Jazz pada tahun ini menawarkan mesin 1.3L i-VTEC dengan tenaga mencapai 98 horse power pada putaran mesin hingga 4500 rpm, dan tipe mesin yang 1.5L i-VTEC ini mampu menggerakan tenaga hingga 120 horse power di rpm 6600. Mulai dijual di Indonesia awal tahun 2008 hanya versi 1.5L VTEC saja dan tersedia 3 tipe, yaitu tipe S dan RS yang merupakan tipe yang tertinggi. Honda Jazz juga sempat membuat tipe Hybrid, namun hanya untuk pasar Jepang dan beberapa negara lainnya yang mendapatkan unit tersebut.

Pada tahun 2014, Honda Jazz mengalami perubahan generasi lagi ke generasi 3. Pada generasi ini, tampilan Honda Jazz semakin modern dan canggih dibanding generasi sebelumnya. Apalagi ditambah dengan lampu depan yang sudah DRL LED, projector, kemudian lampu belakang yang memanjang dari atas kebawah yang membuat Honda Jazz generasi ini menjadi lebih keren. Oh iya, Honda Jazz generasi ke-3 memiliki kode bodi yang berubah dari generasi sebelumnya, yaitu GK5.  

Honda Jazz generasi ke-3
Honda Jazz generasi ke-3

Pada tahun 2021, Honda Jazz melakukan perubahan generasi, yaitu menjadi generasi ke-4. Mobil ini sebenarnya sudah dijual untuk pasar Jepang dan Eropa. Namun sayang sekali, untuk generasi ke-4 ini Honda Jazz tidak masuk ke Indonesia dan digantikan oleh Honda City Hatchback.

Honda Jazz generasi ke-4
Honda Jazz generasi ke-4

Honda City Hatchback hadir dengan desain yang sangat modern, baik disegi eksterior maupun interior. Mobil ini juga menggantikan posisi dari Honda Jazz bukan hanya di Indonesia, tetapi juga dibeberapa negara di Asia Tenggara lainnya dan juga Australia. Dan yang unik, Jazz generasi ke-4 ini dijual dibeberapa negara Eropa, dan tempat dibuatnya juga yaitu Jepang. Sampai saat ini, kami belum mengerti apa strategi Honda untuk pembagian unit dari Honda Jazz yang tidak merata.

HPM (Honda Prospect Motor) menjelaskan bahwa Honda City Hatchback memiliki spesifikasi yang tepat pada masyarakat Indonesia, terutama dari segi akomodasi barang dan ukuran dimensi yang lebih besar daripada Honda Jazz. Jadi mobil ini dianggap bisa memberikan kepraktisan dan lain-lain.

Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS

Jika kita lihat dari eksteriornya, Honda City Hatchback memang berbeda profilenya dibandingkan dengan Honda Jazz. Banyak yang bilang bahwa Honda Jazz lebih compact. Padahal, Honda City Hatcback lebih besar dimensinya, terutama bagian belakangnya yang terlihat seperti dipotong dari Honda City versi sedan. Untuk pasar Indonesia, Honda City Hatchback mendapatkan varian RS, yaitu varian sporty dari Honda untuk City. Setidaknya itu memberikan nuansa keren dan sporty dari Honda City Hatchback daripada Honda City Hatchback yang biasa. Apalagi desain depan nya mencerminkan desain yang sangat Honda sekali.

Lampu depan dan belakang dari Honda City Hatchback ini sudah menggunakan teknologi LED yang membuat mobil tersebut semakin keren tampilannya, dan juga velg standar yang digunakan mobil ini berukuran R16 ini berwarna hitam glossy yang menambahkan kesan sporty dari mobil tersebut. Ada 6 pilihan warna dari mobil ini yaitu putih, silver, abu-abu, hitam, merah, dan orange. Warna merah sendiri sepertinya menjadi Hero Color dari mobil ini dikarenakan banyak media yang menggunakan warna merah untuk kepentingan iklannya. Secara keseluruhan, mobil ini tidak seperti Honda Jazz, tetapi lebih kearah mobil yang memiliki karakter tersendiri, dan juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan mobil ini.

Untuk bagian interiornya, Honda City Hatchback lebih lega daripada Honda Jazz. Dikarenakan dimensi dari Honda City Hatchback ini lebih besar, lebih panjang wheelbasenya dari Honda Jazz yang membuat ruang kabin penumpang dan bagasi dari mobil ini sangat lega. Diatas kertas, harusnya mobil ini memberikan kepraktisan dan akomodasi yang lebih baik dari Honda Jazz.

Ruang kabin penumpang belakang
Ruang kabin penumpang belakang

Ada 1 fitur unik yang tidak dimiliki oleh rivalnya, yaitu Remote Engine Start Button. Jadi fitur ini berguna ketika anda ingin mendinginkan kabin mobil karena parkir ditempat yang panas dan terjemur dibawah sinar matahari, anda bisa menghidupkan mesin dan AC dari jauh hanya menggunakan kunci dari remote tersebut. Fitur ini juga ada di Honda Civic, Honda C-RV Turbo. Anda akan aman jika menghidupkan mesin dari jauh, karena tuas transmisi, stir dan sistem mobil lainnya akan terkunci dan mati selama mesin menyala. Jadi anda akan lebih merasa aman. 

Remote Engine Start Button
Remote Engine Start Button

Dan mobil ini sudah dilengkapi dengan konektivitas terkini yaitu Apple Car Play dan Android Auto. Fitur standar lainnya juga ada seperti ABS, EBD, BA, Hill Start Assist, dan juga dilengkapi dengan 6 buah airbag. Ada 1 fitur yang tidak masuk ke Indonesia, yaitu Honda Sensing. Itu adalah fitur radar honda yang ntah mengapa tidak dimasukan. Tapi yang jelas fitur itu dikhawatirkan akan membuat penambahan cost dari Honda City Hatchback itu sendiri.

Konfigurasi jok baris kedua dari Honda City Hatchback ini benar-benar mengambil inspirasi dari Honda Jazz, yaitu kursi yang bisa dilipat rata lantai, dan juga jika anda tidak membawa barang banyak, tempat duduk baris kedua bisa dilipat hanya kursinya saja, melipat keatas dan sandaran tidak ikut melipat. Konfigurasi jok yang sangat praktis mengingat Honda Jazz dari generasi pertama hingga terakhir menggunakan konfigurasi jok tersebut.

Kursi baris ke-2 Honda City Hatchback
Kursi baris ke-2 Honda City Hatchback

Untuk mesin, Honda City Hatchback ini berubah. Walaupun sama-sama menggunakan mesin 1500cc, tetapi teknologinya berubah dari generasi sebelumnya dari SOHC menjadi DOHC. Perubahan dari SOHC menjadi DOHC akan membuat pembakaran yang lebih baik, serta bahan bakar  menjadi lebih efisien. Tenaganya ternyata sama persis dari generasi sebelumnya yang dipakai di Honda Jazz dan Honda City sedan yaitu di 121 horse power dan torsi di 145Nm. Menurut engineering yang merancang mesin ini, tenaga ini memang sudah besar dari rivalnya walaupun dia bisa merubah tenanganya. Ia cukup merubah tenaga diputaran mesin yang paling rendah untuk mengejar karakter dari mobil ini. Mesin ini juga dikawinkan dengan 2 pilihan transmisi, yaitu otomatis CVT dan ada juga pilihan transmisi manual yang 6 speed. Wow!

Mungkin itu saja penjelasan singkat kami, semoga bermanfaat. Jika anda menyukai artikel ini, follow akun kompasiana kami dan beri kami rating agar kami lebih semangat membuat artikel kedepannya. Jika ada kesalahan, silahkan diralat di kolom komentar, terimakasih sudah membaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun