Mohon tunggu...
Yumna Ailsa Nauradita
Yumna Ailsa Nauradita Mohon Tunggu... mahasiswa

S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Perekonomian Situbondo Saat Pandemi Covid-19

1 November 2020   08:38 Diperbarui: 1 November 2020   08:44 33 1 0 Mohon Tunggu...

Situbondo adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur. Sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan pantai utara atau selat madura. Sedangkan di wilayah selatan berbatasan dengan pegunungan (Bondowoso). 

Di sebelah barat kabupaten Situbondo berbatasan dengan kabupaten Probolinggo dan di sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Banyuwangi. Kabupaten Situbondo dilalui oleh jalan pantura, dimulai dari ujung barat sampai ujung timur.

Kabupaten Situbondo sendiri memiliki 17 kecamatan yaitu Arjasa, Asembagus, Banyuglugur, Banyuputih, Besuki, Bungatan, Jangkar, Jatibanteng, Kapongan, Kendit, Mangaran, Mlandingan, Panarukan, Panji, Situbondo, Suboh, dan Sumber Malang.

Mata pencaharian penduduk kabupaten Situbondo dapat ditinjau dari masing – masing wilayah atau daerahnya. Hampir di semua kecamatan, penduduknya bekerja sebagai petani dan nelayan. 

Tetapi di Situbondo sendiri lebih dominan di sektor perikanan karena posisi situbondo di lewati oleh garis pantai yang panjangnya hingga 150 km bahkan lebih .

Dari sepanjang jalan yang mengitari garis pantai, masyarakat Situbondo mengembangkan sektor pariwisata yang bisa mendobrak ekonomi di Situbondo dengan memanfaatkan lahan sekitar pantai menjadi hotel, rumah makan, rest area, dan lain - lain. 

Contoh yang dapat diambil dari sektor pariwisata yaitu pemerintah berkolaborasi dengan penduduk untuk menciptakan kampung kerapu yang tidak hanya berfokus pada pengelolaan keramba kerapu, namu juga memberikan edukasi dan wisata.

Selain di bidang pariwisata dan perikanan, mayoritas penduduk yang bekerja di wilayah perkotaan dan di sepanjang jalan pantura juga mengembangkan potensinya di sektor perdagangan. 

Selanjutnya, Situbondo juga bergerak di bidang industri. Dimana  Situbondo banyak memanfaatkan sumber daya alam untuk dibuat kerajinan dan meubelair, namun hanya di kecamatan – kecamatan tertentu lah yang penduduknya bekerja di sektor ini. 

Salah satunya di kecamatan Asembagus dan Kapongan yang memanfaatkan kayu sebagai bahan pokok meubel serta  pabrik terbesar Salem yang memperkerjakan banyak buruh.

Dikutip dari keterangan Bupati Situbondo, Bapak H. Dandang Wigiarto, S.H ketika meresmikan koramil 0823/17 di Banyuglugur, menjelaskan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN