Mohon tunggu...
YULIZA FIRTA
YULIZA FIRTA Mohon Tunggu... yuliza firta

yuliza pekan baru

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Isu-isu Kontemporer dalam Kepemimpinan

10 November 2019   22:10 Diperbarui: 10 November 2019   22:10 0 0 0 Mohon Tunggu...

Apa itu kepercayaan? Kepercayaan adalah satu proses ketergantungan histori yang di dasarkan pada sampel-sampel pengalaman yang relevan dan terbatas. Istilah yang secara opurtunistik merujuk kepada resiko dan kerentanan yang inheren dalam setiap  hubungan kepercayaan. Kepercayaan membuat seseorang rentan seperti kita ini. Misalnya kita menyikapkan informasi intim tergantung pada janji-janji lain. Integritasnya merujuk pada kejujuran dan kebenaran.

Ada 3 jenis kepercayaan yang mesti kita tahu yaitu :

1.Kepercayaan yang berbasis pengetahuan

Kepercayaan ini melibatkan berdasarkan prediktabilitas perilaku yang berasal dari riwayat interaksi.

2.Kepercayaan berbasis ketakutan

Kepercayaan ini berdasarkan ketakutan akan tindakan balasan jika kepercayaan itu dilanggar. Ini bberfungsi hanya pada tingkat bawah hukuman yang konsekuensinya mungkin jelas dan hukuman sesungguhnya dijatuhkan jika kepercayaan itu dilanggar.

3.Kepercayaan berbasis identifikasi

Kepercayaan ini berdasarkan rasa saling memahami atas maksud masing-masing dan menghargai keinginan dan hasrat orang lain.

Teori kepemimpinan kontemporer adalah teori yang memandang pemimpin sebagai individu yang memberikan inspirasi kepada para pengikutnya melalui kata-kata, berbagai ide, dan perilaku mereka. Teori ini memiliki 2 cabang teori yaitu kepemimpinan Karismatik dan Transformasional.

a.Kepemimpinan Karismatik

Menurut Max Weber kepemimpnan karismatik merupakan salah satu jenis otoritas yang ideal, dimana seorang pemimpin yang berkarismatik itu memiliki suatu sifat tertentu yang membedakan mereka dari orang lain atau sifat ini tidak dimiliki orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x