Mohon tunggu...
Yulio Rian P
Yulio Rian P Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa

Photographer, Visual story teller

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berikut Sederet Program Kerja Mahasiswa KKN UNSIKA 2022 di Desa Payungsari, Karawang

1 Oktober 2022   14:33 Diperbarui: 2 Oktober 2022   07:15 181 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejumlah Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Kaarawang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang bertemakan "Tips & Trik Lolos Rekrutmen Perusahaan Sesuai Bidang Keahlian" sejak tanggal 3 Agustus 2022 hingga tanggal 12 September 2022, di Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Siska M.Kom, dan juga di Koordinatori oleh Alisah Yusniaini.

Rangkaian program yang dilaksanakan seluruhnya melibatkan Warga Desa dan juga Aparatur Desa setempat. Dari mulai program Taman Belajar, yaitu program yang melibatkan siswa Sekolah Dasar kelas 1 sampai kelas 4. Program tersebut berisi pengajaran secara non formal kepada siswa dan memainkan permainan yang bertujuan untuk melatih kreativitas siswa seperti membuat yel-yel kelompok, menulis cerpen, dan juga permainan lainnya.

Selain siswa Sekolah Dasar, keadaan lingkungan setempat juga menjadi fokus program Mahasiswa KKN. Beberapa program yang berkaitan dengan lingkungan yaitu penanaman pohon dan pembersihan sampah di area bantaran sungai yang mengalir disekitar Kantor Desa Payungsari karena area tersebut terkadang menjadi sasaran tempat pembuangan sampah oleh warga.

Dari hasil survey yang ditemukan oleh mahasiswa di Desa Payungsari, permasalahan pengangguran yang terjadi Diana adalah banyak nya kasus putus sekolah sehingga warga tidak dapat mempersiapkan diri untuk bekerja pada perusahaan. Menurut Sekertaris desa, Hasan Basri "Kalau masalah pengangguran yang sulit kita atasi disini kebanyakan karena mereka putus sekolah saat masih di bangku SMP dan juga SMA, bahkan ada yang sudah tidak sekolah sejak SD. Kalau yang lulusan SMA tinggal diberi edukasi saja tentang persiapan mental untuk mencari pekerjaan" tuturnya.

Selain itu, masyarakat setempat belum bisa memanfaatkan sarana prasarana seperti telepon genggam dan juga internet untuk mencari pekerjaan. Maka dari itu, mahasiswa merancang dan melaksanakan program Seminar sekaligus Workshop yang bertemakan "Digitalisasi Sebagai Penopang Karir". Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2022 di Aula Kantor Desa Payungsari dan dihadiri oleh 15 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing dusun.

Seminar dan workshop tersebut diisi oleh tiga pemateri yaitu Asep Wegi Giantara S.Ak, Agung Nugroho S.Tp dan Siska M.Kom. Para peserta dibekali bocoran mengenai tahapan dan persiapan dalam melamar pekerjaan. Tak hanya itu, Siska juga menambahkan pembekalan sekaligus praktik tentang menyusun portofolio dan memperluas jaringan di situs LinkedIn.

Kepala Desa Payungsari, Amas Subhan S.Hut berharap bahwa seluruh kegiatan yang sudah dijalankan oleh para mahasiswa dapat dilanjutkan secara berkepanjangan oleh warga Desa Payungsari. Ia juga berharap bahwa Mahasiswa dapat kembali ke desa lain waktu karena menurutnya, desa-desa di Kabupaten Karawang butuh gebrakan baru yang kreatif dan inovatif dari para mahasiswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan