Mohon tunggu...
yuliana
yuliana Mohon Tunggu... Guru - GURU

hobi saya sangat unik yaitu saya suka melakukan kegiatan tapi jika kegiatan yang dilakukan tidak tidak penting / berguna saya tidak mau melakukannya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Mengikuti Kegiatan PPG Daljab II Tahun 2023

13 November 2023   12:00 Diperbarui: 13 November 2023   12:39 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengalaman selama mengikuti kegiatan PPG Dalam Jabatan II tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 19 September 2023. Kali ini saya akan membahas masalah RPP yang saya buat dari Siklus I dan Siklus II.

Pada KBM di sekolah jujur saja saya tidak pernah menggunakan RPP selama proses pembelajaran. Adapun RPP baru dibuat jika ada yang mau menilai atau supervisi oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah. RPP tersebut pun tidak dibuat melainkan diambil dari kaset dan kemudian diedit.

Baru pada kegiatan PPG DalJab II saya mengikuti proses kegiatan baru saya sadar bahwa membuat RPP tidaklah mudah, perlu pemikiran yang ekstra, agar RPP dapat sesuai dengan pembelajaran yang akan kita ajarkan. Pada Siklus I awalnya saya asal membuat RPP yang guru pamong berikan, kemudian guru pamong revisi, banyak sekali kekurangan - kekurangan yang RPP saya buat, setelah direvisi ada perubahaban yang saya alami. 

Adapun yang ada di dalam RPP yang dibuat terdapat antara lain yaitu Identitas Sekolah, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar & Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajara, Materi Pembelajaran, Model, Pendekatan & Metode Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran & Remedial.

Pada Siklus Ke II RPP yang saya buat mulai membaik dan mulai saya pahami sepenuhnya. Sama seperti yang di siklus I, di siklus II pun direvisi lagi. setelah direvisi tidak banyak lagi dirombak dan diperbaiki, hanya kesalahan di tujuan dan dimaterinya saja yang diperbaiki karena saya lupa menambahkan KKO tujuannya

Di PPG DalJab II 2023 banyak ilmu yang saya dapat , saya mengucapkan banyak - banyak terima kasih kepada Ibu Dewi Rahmadayanti sebagai Pamong. Ibu Ani Amriani Amir sebagai Dosen Pembimbing dan Ibu Yossi Dwi Ramadani sebagai Admin, Sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terimakasi kepada pembimbing saya yang telah membimbing sepenuh hati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun