Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan 7 antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren Bergabung di Kompasiana 20, Oktober 2020

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cara Menghilangkan Aroma Tidak Sedap pada Udang

22 Januari 2024   09:58 Diperbarui: 23 Januari 2024   08:16 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Udang Segar(Sumber gambar: Kolase Foto. Dokumentasi Pribadi Yuliyanti)

Kamis 17 Januari 2024 lalu, saya menerima kiriman udang laut dan ikan kembung dari ibu. Dua hari sebelimnya, beliau dan keluarga adik nomor tiga menikmati liburan ke pantai baron.

Meskipun awal tahun keluarga kami melepaskan rindu dengan deburan ombak di pantai, tetapi pada hari itu tidak berkesempatan membeli ikan segar.

Dan, saat ada kesempatan berkunjung ke pantai baron, ibu membeli beberapa udang serta ikan laut. Seperti kita ketahui, semua jenis makanan laut kaya akan protein. 

Melansir dari Halodoc.com- sekalipun udang memiliki ukuran kecil, namun nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Mulai dari protein, kalsium,yodium hingga asam lemak omega-3. Dalam 3 ons udang, atau sekira 15 ekor udang besar,  mengandung 101 kalori,19 gram protein, serta 1,4 gram lemak total.

Makanya, kebanyakan orang jika berwisata ke pantai tidak akan melewatkannya. Meski demikian, sumber pangan lezat akan hilang kelezatannya jika cara menanganinya salah.

Saya sendiri saat menangani udang jika tidak langsung dimasak dengan cara menambahkan perasan atau potongan jeruk nipis pada udang, lalu menyimpan di frezeer. Dengan begitu, saat udang digoreng akan terbebas dari aroma amis.

***

Sepertinya ibu membeli udang serta ikan cukup banyak, terbukti bagian yang dikirimkan kepada saya satu kantung plastik gandum sekiloan. Sedangkan ikan kembumg ada sekira 4 atau 5 ekor, dengan ukuran sedang.

Begitu menerima, ikan kembung saya tempatkan dalam wadah tertutup(tuperware) lalu menyimpannya dalam frezeer.

Sedangkan udang saya tempatkan di rak kulkas, dengan alasan hendak diolah. Namun sayang seribu sayang, terkait kesibukan rencana memasak gagal. Udang pun bermalam. Dan keesokan harinya, tercium aroma tak sedap begitu saya membuka lemari pendingin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun