Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Tips agar Belajar Matematika Lebih Mudah dan Menyenangkan

12 Juli 2022   06:08 Diperbarui: 12 Juli 2022   14:27 522 53 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi belajar matematika (Sumber: shutterstock)

Tak terasa satu minggu lagi kita akan mulai masuk sekolah. Bahkan di Jakarta, dari membaca artikel Omjay mulai tanggal 11 Juli sudah mulai masuk. Meski waktu libur masih satu minggu lagi, tak ada salahnya kita mulai bersiap-siap memasuki tahun pelajaran baru dengan semangat yang baru.

Sebelum liburan tentunya semua siswa sudah menerima rapor kenaikan kelas. Bagaimanapun hasilnya, rapor siswa harus tetap diapresiasi karena itu adalah hasil perjuangan siswa selama satu semester.

Kini tinggal diteliti di mana terdapat nilai-nilai yang kurang maksimal, dan langkah apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki nilai tersebut.

Dalam beberapa kali perbincangan dengan siswa atau orang tua, beberapa mengeluhkan nilai siswa yang kurang maksimal dalam pembelajaran matematika. 

Dari perbincangan itu pula bisa diambil kesimpulan bahwa yang menjadikan hasil belajar siswa kurang maksimal ada beberapa hal, bisa dari dalam diri siswa atau dari luar siswa.

Penyebab dari dalam diri siswa misalnya enggan bertanya, malas berlatih, atau pandangan negatif tentang matematika. Sedangkan penyebab dari luar siswa, misalnya tidak ada tempat bertanya atau suasana belajar yang kurang nyaman.

Berdasarkan hal tersebut, kiranya diperlukan trik belajar matematika agar belajar matematika terasa mudah dan menyenangkan

Harapannya, dengan berbagai trik tersebut masalah yang timbul dalam belajar matematika bisa diatasi sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Ada beberapa tips agar belajar matematika lebih mudah dan menyenangkan. Di antaranya adalah:

1. Ubah pandangan bahwa matematika itu sulit. Sebagian besar siswa yang nilainya kurang dalam matematika, mempunyai pandangan yang kurang baik pada matematika. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan