Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Kurikulum Merdeka, Sudah Siapkah Kita untuk Merdeka?

19 Februari 2022   13:06 Diperbarui: 19 Februari 2022   22:57 1540
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pada penerapan Kurikulum Merdeka, refleksi menjadi bagian penting yang tidak boleh ditinggalkan, baik oleh siswa, guru, maupun kepala sekolah. Berdasarkan refleksi ini, sekolah dapat merancang program, pelaksanaan, serta tindak lanjut supervisi.(DOK. TANOTO FOUNDATION)

Apakah pengalaman di masa sekolah yang paling berkesan bagi pembaca? 

Ah, tentunya kita punya pengalaman masing-masing yang tak terlupakan. Ada yang menyenangkan, ada pula yang tidak.

Pengalaman yang menyenangkan membuat kita suka dengan pelajaran tertentu, namun pengalaman yang kurang menyenangkan membuat kita alergi pada pelajaran tertentu pula.

Saya di sini tak hendak membicarakan pengalaman yang tak menyenangkan yang membuat saya alergi dengan mapel tertentu. Itu rahasia, hehehe.

Mari kita bicara tentang hal yang menyenangkan saja.

Satu pengalaman saya yang tak terlupakan bahkan mungkin yang membuat saya sekarang menjadi guru matematika adalah dulu saya langganan disetrap oleh guru saya. 

Karena sebuah kesalahan meloloskan diri dari jam pelajaran matematika, bu guru sangat hafal pada saya. Akibatnya tiap pelajaran matematika jika ada yang tidak bisa, saya harus maju menggantikannya.

Pada mulanya saya takut. Tapi melihat bu guru menghukum saya dengan senyum tanpa ada kemarahan di wajah beliau, akhirnya saya menjalani hukuman itu dengan hati ringan. Ya, memang saya salah, pikir saya.

Hal tersebut ternyata besar sekali akibatnya. Tiap pelajaran matematika saya harus siap. Malu lah kalau sampai tak bisa mengerjakan. Hingga akhirnya saya "menikmati" hukuman itu dan membawa saya kulian di jurusan matematika untuk lebih mendalami matematika.

Pentingnya pengalaman belajar bagi siswa | dokumentasi pribadi
Pentingnya pengalaman belajar bagi siswa | dokumentasi pribadi
Ilustrasi di atas hanya sedikit gambaran tentang pentingnya pengalaman bagi siswa. Pengalaman akan selalu diingat bahkan kadang bisa membuat perubahan pada diri siswa.

Dalam pembelajaran, pengalaman belajar juga memegang peranan yang sangat penting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun