Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Integrasi Body Mass Index dalam Pembelajaran Materi Statistika

2 Januari 2021   12:43 Diperbarui: 2 Januari 2021   12:54 512 28 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Integrasi Body Mass Index dalam Pembelajaran Materi Statistika
Mengukur berat badan,Sumber:Digstraksi

Libur akhir semester ganjil dan akhir tahun telah berlalu. Kini tiba saatnya pembelajaran dimulai lagi.Pembelajaran luring yang diharapkan akan bisa terlaksana di awal 2021 ternyata belum bisa diwujudkan. Virus ini ternyata agak membandel. Di kota Malang tempat saya tinggal statusnya berubah-ubah. Pernah merah, oranye,merah lagi. Bahkan sekarang diberlakukan jam malam. Indikasi bahwa kondisi belum aman , karena itu pembelajaran di awal semester ini masih dilakukan secara luring.

Dalam pembelajaran daring  pembelajaran harus tetap bermakna bagi siswa. Disamping mempelajari materi sesuai dengan target kurikulum ,diupayakan  di dalamnya ada pesan yang disampaikan berkaitan dengan pandemi covid-19.

Menurut saya satu hal yang perlu disampaikan pada siswa di masa pandemi ini adalah agar siswa mempertahankan kondisi tubuh agar tetap fit sehingga tubuh mempunyai ketahanan yang bagus untuk menangkal penularan virus ini. Pendapat saya ini berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan anak-anak saya selama belajar daring. Rute kegiatan berputar di makan, kamar mandi, sholat, kamar tidur, repeat. Akibatnya anak-anak saya cenderung lebih 'montok' daripada dulu. Tidak apa-apa sebenarnya, tapi kalau keterusan bisa berbahaya juga. Saya pikir kegiatan siswa pasti tidak jauh beda dari itu.

Apakah Body Mass Index (BMI) itu?

BMI adalah metric standar yang digunakan untuk menentukan apakah seseorang masuk dalam golongan berat badan sehat atau tidak sehat. Satu hal yang berpengaruh pada kondisi tubuh seseorang adalah BMI. Penting bagi kita untuk mengetahui BMI karena menjaga berat badan sehat akan menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit.

Cara memperoleh BMI dan interpretasinya dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Tabel BMI, sumber: hellosehat.com
Tabel BMI, sumber: hellosehat.com
Integrasi BMI Dalam Pembelajaran Matematika 

Melalui pembelajaran statistika kelas 8 di awal pandemi ,siswa  saya ajak untuk lebih peduli kesehatan dengan cara menghitung BMI masing-masing. Kegiatan yang  dilakukan siswa meliputi mengukur tinggi dan berat badan,menyajikan data dalam bentuk tabel, mencari mean, median dan modus , menghitung BMI dan mengambil  kesimpulan apakah berat badannya termasuk kurang, normal, lebih, atau obesitas.

Pengambilan data secara klasikal dilakukan lewat grup whatsapp kelas. Masing-masing siswa diminta menuliskan berat ,tinggi badan dan BMI nya dilist yang ada digrup.  

Dari data tersebut Siswa diminta untuk membuat kesimpulan dalam satu kelas ada berapa siswa yang memiliki berat badan ideal dan kurang ideal serta membuat kesimpulan secara umum apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai berat badan yang ideal.

Siswa dibantu mengukur tinggi badan, dokpri
Siswa dibantu mengukur tinggi badan, dokpri
Pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom dan whatsapp ini mendapatkan respek yang bagus dari siswa.  Dari 22 siswa yang tergabung dalam google classroom 19 orang mengumpulkan tugas dan langsung ditanggapi oleh guru(85%)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN