Salam jumpa ayah bunda dan salam sejahtera untuk kita semua. Ayah bunda yang berbahagia kali ini saya akan berbagi mengapa pendidikan anak usia dini sanat penting.
Masa usia dini sering disebut sebagai golden age atau usia emas karena pada rentang usia ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat pada berbagai aspek perkembangannya Winda Gunarti, Lilis Suryani, Azizah Muis (2015).Â
Pada masa golden age ini anak-anak perlu diberikan rangsangan pendidikan sehingga anak dapat menunjukkan kemampuan atau potensi dasarnya berkembang dengan baik. Rangsangan atau stimulasi pendidikan harus diberikan untuk membantu anak mencapai tahapan perkembangan yang sesuai dengan usianya sehingga anak siap untuk memasuki usia berikutnya Winda Gunarti, Lilis Suryani, Azizah Muis (2015).Â
Hal ini sejalan dengan Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani
Beberapa pakar memperlihatkan perbedaan tentang rentang waktu masa golden age, yaitu 0-2 th, 0-3 th, 0-5 th atau 0-8 th. Walaupun terdapat perbedaan dalam penyebutan rentang usia, namun semuanya sepakat bahwa awal-awal kehidupan anak adalah masa-masa emas mereka, Pelangi Mizan.com
Dengan mengacu pada hal tersebut di atas, maka pemberian layanan pendidikan, pemberian gizi, serta cara-cara menstimulasi kecerdasan anak pada masa the golden age sangatlah penting. Sebagai orang tua, maupun guru perlu mengetahui sekaligus menaruh perhatian yang sungguh-sungguh pada masa ini, karena periode ini merupakan masa yang tepat untuk memberikan stimulasi kepada anak.
Itulah sebabnya pendidikan terhadap anak usia dini ( masa golden age ) sangat gencar dilakukan dengan tujuan untuk membantu mengembangkan seluruh potensi anak. Â Sesuai dengan standar isi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Permendiknas Nomor 58 tahun 2009, potensi yang harus dikembangkan meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni.
Pada masa ini lingkungan keluarga ataupun lingkungan sekolah diharapkan dapat membantu mengoptimalkan masa-masa emas tersebut, dengan stimulasi atau rangsangan yang mampu memenuhi kebutuhan dasar anak, sehingga berkembang secara optimal.
Itulah sebabnya para orang tua yang sudah menyadari akan pentingnya masa ini, akan memberikan perhatian khusus agar masa-masa penting ini dapat berkembang secara optimal. Cara orang tua memperhatikan masa ini dengan memberikan nutrisi yang baik, memberikan stimulasi dan memberikan pendidikan yang baik sejak usia dini.
Jenis-jenis PAUD menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional pada bagian tujuh pasal 28 ayat 2 pendidikan usia dini dibedakan menjadi :
     1. Pendidikan formal (TK)