Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Mengenal Pemanis (Buatan) Amankah?

30 September 2022   13:35 Diperbarui: 30 September 2022   13:57 72 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Stevia yang telah dioleh menjadi pemanis memang aman digunakan dalam jumlah sedang. Namun tetap punya efek samping. | sumber grid.health

Mengenal Pemanis Buatan,Mana Yang Lebih Baik ?

Pemanis  alami atau buatan adalah  senyawa kimia tanpa penambahan karbohidrat. 

Pemanis nuatan sacharin  muncul di pasaran pada tahun 1979. Pemanis adalah obat mujarab bagi mereka yang sama sekali tidak bisa mengonsumsi gula, dan bagi mereka yang memutuskan untuk mengurangi jumlah gula yang dimakan. 

Pemanis, jika digunakan dalam jumlah yang wajar, aman untuk kesehatan.  Pemanis, tidak seperti gula, tidak memperburuk kondisi email gigi dan  karies. 

Meskipun kandungan kalorinya nol, tapi jika memakainya melebihi dosis  yang diizinkan tidak baik juga bagi tubuh. 

Konsumsi pemanis yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan, gangguan pembuluh darah,  sakit kepala, gangguan fungsi ginjal,  gangguan pencernaan dan pembentukan batu ginjal.

Pemanis paling aman dan berkualitas tinggi adalah eritritol, stevia dan sucralose. Dua nama pertama adalah sejenis  alami, dan yang terakhir adalah sintetis. 

Yang paling manis adalah stevia, rasanya 300 kali lebih manis dari gula. Bahkan dari dua tetes, minuman memperoleh rasa yang diinginkan.  

Erythritol adalah pemanis alami yang ditemukan dalam makanan bertepung seperti jagung dan anggur. Ini tidak semanis gula, tetapi hanya ada 20 kalori per 100 gram.

Stevia dianggap sebagai pengganti gula paling aman diekstraksi dari daun stevia. Rasanya  250 kali lebih manis dari gula. Oleh karena tu, dosis harian tidak boleh melebihi 4 mg per 1 kg berat badan. Kandungan kalori per 100 gram adalah 18 kkal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan