Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Novel: Ben dan Kisah Besarnya (3)

10 Juni 2022   10:19 Diperbarui: 10 Juni 2022   13:02 454
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrasi/Dok: desygner 

(Pengantar :Ben Franklin adalah kisah besar tentang Amerika. Kehidupan cintanya dan Penemuannya juga tokoh politik. Sang putranya di militer Inggris yang tak ingin  Amerika Merdeka dari Inggris. Mereka berseteru. Amerika mengenangnya  dihampir setiap uang atau Dolar Amerika.Eksperimen listrik,  menemukan tungku besi kompor , penangkal petir, bifokal,  odometer kereta dan dia tidak pernah ingin mematenkan temuannya agar orang lain dapat membangun ide dan manfaat. Semi novel Biografi Benyamin Franklin diolah dari dokumen Sejarah Amerika )


Ekspriment petir Benjamin Franklin Gambar : Le Roy C Cole/duckter.com
Ekspriment petir Benjamin Franklin Gambar : Le Roy C Cole/duckter.com

Novel Semi Biografi :" Ben dan Kisah Besarnya. (3)


Ayahnya Jos Franklin suka membantu teman dan saudaranya.

Bantuan yang serba bisa dan seringkali sangat berarti bagi kerabat yang membutuhkan.
Dengan rasa kekeluargaan mereka harus saling bantu hidup di perantauan.

Ayahnya suka melihat silsilah keluarga.
 "Saya selalu senang mengumpulkan informasi tentang leluhur saya." Kata ayahnya kepada kerabatnya.

Saat berada di Inggris, Jos Franklin melakukan perjalanan ke tanah air dan mengunjungi keluarga besar Franklin.

Anaknya Benjamin bangga pada ayahnya yang konon juga bangsawan Inggris .

Mereka menelusuri nenek moyang mereka di Inggris. Menemukan keluarga asal yang kuat. Tapi orang Inggris adalah penjelajah yang berani.

Tanah seluas tiga puluh hektar di Acton Inggris tidak dapat memberi makan semua keluarga Franklin di Inggris.

Sudah menjadi tradisi lama bahwa putra putra keluarga Franklin dilatih umumnya dalam pandai besi. Semua mereka harus memiliki keahlian tersendiri.

Jos, ayah Ben Franklin, berpendidikan rendah dibandingkan saudara laki-lakinya. Di Inggris, dia adalah seorang tukang celup, tetapi setelah pindah ke Amerika daerah jajahan Inggris dan mencoba sejumlah kerajinan, dia menjadi pembuat sabun dan ahli produksi lilin lemak.

Jos Franklin tidak "bersinar"dengan pendidikan umum, tetapi dia adalah orang yang berbakat  Untuk bekerja. Jos Franklin itu pandai menggambar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun