Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Freelancer - Superhero geek

Merangkai coretan jadi tulisan dengan bantuan kopi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Profesional di Linkedin, Amatir di Dunia Nyata

27 Mei 2021   12:13 Diperbarui: 28 Mei 2021   10:59 1638 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Profesional di Linkedin, Amatir di Dunia Nyata
Ilustrasi | Source : freepik.com

Linkedin adalah media sosial untuk menampilkan keahlian professional yang kita miliki.

Bukan hanya karyawan saja yang bisa "show up" di Linkedin, para pengusaha juga banyak yang hadir di Linkedin. Jika para karyawan biasanya menunjukan prestasi dalam pekerjaannya, maka para pengusaha biasanya berbagi cerita inspirasi mengenai perjuangan mereka merintis usaha.

Media sosial berwarna biru tua ini juga efektif untuk Anda yang mencari kerja, karena banyak perekrut yang membagikan informasi mengenai lowongan pekerjaan di Linkedin, pekerjaan saya saat ini juga saya dapatkan karena bantuan linkedin. Karena itu Anda yang saat ini menjadi jobseeker saya sarankan untuk  lebih aktif di Linkedin daripada sosial media lainnya.

Aktif di Linkedin.

Belakangan ini, intensitas saya untuk membuka linkedin makin tinggi, karena tuntutan pekerjaan saya untuk mencari klien dan melakukan "branding" supaya perusahaan start up tempat saya bekerja bisa lebih dikenal banyak orang.

Tak sengaja saya menemukan akun linkedin milik seorang adik tingkat saya selama kuliah, sebut saja namanya Budi, sudah lama sekali saya dan dia tidak bertemu atau berkomunikasi, Budi terbilang aktif di Linkedian, dia kerap berkomentar pada postingan orang lain, serta berbagi informasi mengenai banyak hal.

Saya lihat di keterangan pekerjaannya saat ini, dia sudah bekerja di perusahan pupuk berplat merah. Tempat kerjanya sekarang bukan perusahaan sembarangan, saya pernah beberapa kali mengajukan lamaran kesana namun ditolak, tak disangka junior saya ini sebegitu hebatnya sampai bisa kerja disana, padahal seingat saya, semasa kuliah, kemampuan akademiknya tidak jauh berbeda dengan saya.

Ilustrasi pekerjaan Budi dalam pikiran saya | Source : freepik.com
Ilustrasi pekerjaan Budi dalam pikiran saya | Source : freepik.com

Mulailah saya mengirim pesan pada Budi melalui Linkedin, motivasi saya adalah berharap jika Budi bisa memberikan saya rekomendasi untuk bisa bekerja disana hehe.

Budi mulai merespon, kemudian dari pesan ini perbincangan berlanjut via telepon, setelah agak berputar-putar dalam menjawab pertanyaan saya, akhirnya terungkap jika apa yang ada di Linkedin ini tidak sesuai dengan realita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN