Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Freelancer - Superhero geek

Merangkai coretan jadi tulisan dengan bantuan kopi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Berubah Menjadi Kawasan Industri, Tak Ada Lagi Bawang Merah di Brebes?

9 Juni 2020   15:51 Diperbarui: 10 Juni 2020   10:22 2292 17 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kabupaten Brebes | dok. RadarTegal.com

"Dalam percakapan antara presiden Jokowi dan presiden Trump, presiden Trump berniat untuk merelokasi industri milik Amerika Serikat dari China ke Indonesia, lebih lanjutnya masih akan saya bicarakan dengan pembantu presiden Trump" ungkap Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (10/5).

Perseteruan antara Amerika dengan Cina memang sudah cukup panas, terlebih dengan adanya pandemi covid-19, di mana Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah kasus terinfeksi terbanyak di dunia, hal ini membuat presiden Trump makan kesal dengan China.

Pilihan merelokasi industri milik Amerika Serikat ada di Cina menjadi pilihan terbaik yang dipilih Presiden Donald Trump, melihat potensi yang dimiliki negeri bumi pertiwi dan kedekatan presiden Trump dengan presiden jokowi maka indonesia adalah negara yang paling tepat. 

Jokowi dan Donald Trump | Source. Detik.com (Dok : Setpres)
Jokowi dan Donald Trump | Source. Detik.com (Dok : Setpres)

Brebes Kandidat Kuat

Lantas mau dibangun di mana industri dari Amerika Serikat tersebut, bukanah wilayah Indonesia begitu luas, terbentang luas Sabang hingga Merauke, sudah banyak pula kawasan industri yang ada di Indonesia, manakah kawasan industri yang akan dipilih ? 

Ilustrasi kawasan Industri | Source : kompas.com (dok. CLFD Internationa)
Ilustrasi kawasan Industri | Source : kompas.com (dok. CLFD Internationa)

Alih-alih menambahkan industri tersebut pada kawasan industri yang sudah ada, ternyata pemerintah lebih memilih untuk membangun kawasan industri baru, kandidat terkuat untuk kawasan industri baru tersebut adalah di kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Kebutuhan kawasan industri baru ini direncanakan untuk dibangun di lahan seluas 4.000 hektar, melihat syarat tersebut maka Brebes menjadi tempat yang sesuai karena masih memiliki lahan kosong yang cukup luas.

Bicara mengenai kelayakan Brebes menjadi kawasan Industri, maka Brebes sudah sangat layak, mengingat aksesnya yang ada di jalur pantura (pantai utara), aksesnya juga dilewati tol trans jawa dan rel kereta api, serta kedekatannya dengan pelabuhan besar yang ada di Cirebon, Jawa Barat. 

Peta wilayah Kabupaten Brebes | Source : id.wikipedia.org
Peta wilayah Kabupaten Brebes | Source : id.wikipedia.org

Kunjungan Kemenperin ke Brebes.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan