Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Sales - Engineer, Marketer and Story Teller

Movie Enthusiast KOMIK 2020 | Menulis seputar Worklife, Movie and Hobby

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Mendengarkan Lagu Sheila On 7, Teringat Cerita Lalu dan Kejayaan Band Indonesia

27 April 2020   16:32 Diperbarui: 27 April 2020   17:29 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penampilan Sheila On 7 | Kompas.com/Revi C. Rantung

Siapa tak tahu lagu sheila on 7?

Bagi remaja dan anak anak yang besar di tahun 90an hingga 2000an awal, pasti tak hanya mengenal lagunya, lagu lagu Sheila on 7 juga mengiringi kisah cinta yang terjadi generasi tersebut, mulai dari fase pertama bertemu, mulai suka, kemudian pacaran, putus cinta, hingga fase nostalgia setelah lama tak berjumpa, lagu dari Sheila On 7 juga ikut menemani.

Band yang mengawali perjalanan musiknya di tahun 1996 silam dan digawangi oleh Duta,Erros, Adam, Anton dan Sakti ini, saat mendengar lagunya selain membawa ingatan kisah kisah nostalgia, juga membawa ingatan akan kejayaan band Indonesia di masa lalu, ditahun 2000an tersebut adalah masa dimana band band Indonesia sedang naik daun dan acara music masih berseliweran di televisi.

Formasi Awal Sheila On 7 Tahun 1997 |Source: Jogja.Tribunnews.com/Dok.Hai
Formasi Awal Sheila On 7 Tahun 1997 |Source: Jogja.Tribunnews.com/Dok.Hai
Band Jutaan Copy.
Di zaman tersebut, angka penjualan album fisik adalah tolak ukur dari kesuksesan sebuah band, Sheila on 7 menasbihkan dirinya sebagai band tersukses di masa tersebut, karena untuk album "Sheila On 7 (1999)" "Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000)" dan " 07 Des (2002) mendapatkan angka penjualan lebih dari satu juta copy. Ke-3 album tesebut dirilis secara berurutan, jadi tidak heran jika awal tahun 200an adalah masa kejayaan Sheila On 7 di dunia musik Indonesia.

Saya punya kenangan tersendiri dengan album Sheila on 7, saya ingat jika saya pernah memiliki album yang berformat kaset, album tersebut adalah album Sheila on 7 yang ke 3 yang berjudul "07 Des", saya ingat jika saya sering sekali memutar lagu tersebut di tape kesayangan saya, saking seringnya album atau kaset tersebut diputar sehingga kasetnya sampai rusak dan tidak bisa diputar lagi.

Meskipun memiliki albumnya, tapi saya tidak mempunyai kenangan akan kisah cinta yang diringi oleh lagu Sheila On 7, karena waktu membeli album Sheila On 7 tersebut di tahun 2002 saya juga masih kelas 2 SD,untuk saya yang masih berusia sedini itu dan belum tahu cinta-cintaan. Saya memilikinya karena kakak saya yang waktu itu sudah SMA, dan beliaulah yang membelinya, karena kakak saya ini suka sekali mendengarkan album tersebut, maka saya juga ikut suka mendengarnya.

Liriknya Masih Dihafal.
Karena terbiasa mendengar lagu lagu Sheilan On 7,lirik lagu dari band yang berasal dari Jogja, ini begitu melekat di telinga saya, karena meski telah bertahun tahun lalu didengarkan, lagu tersebut masih  saya hafal dan bisa saya nyanyikan.

Ternyata bukan cuma saya yang masa kecilnya dipengaruhi oleh lagu lagu Sheila On 7 ini terbukti di tahun 2012 silam, saat saya sudah berkuliah di Jogja, lagu dari Sheila On 7 dari album pertama yang rilis di tahun 2000, masih kerap dibawakan beberapa band saat acara pensi (pentas seni) di kota pelajar tersebut, meski sudah berselang satu dekade lebih setelah perilisannya.

Di tahun 2020 ini, ternyata juga masih banyak yang mengingat lirik lagu Sheila on 7 ini, terbukti dari Sheila  on 7 yang menjadi trending topic twitter pagi ini (27/4),hal  ini dikarenakan banyak sobat twitter yang memplesetkan lirik lagu Sheila on 7 , ada ada saja memang tingkah para sobat twitter ini, tapi ini membuktikan jika para sobat twitter masih mengingat dengan baik lagu lagu sheila on 7.

Sheila On 7 dan Jogja, adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, beruntung saya pernah berkuliah di Jogja, sehingga bisa melihat napak tilas perjalanan dari "band Jutaan copy" ini, sayangnya semenjak album fisik mulai ditinggalkan, populeritas Sheila On 7 juga ikut meredup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun