Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Dark Phoenix", Penutup 19 Tahun Kisah X-Men yang Cacat

15 Juni 2019   22:41 Diperbarui: 15 Juni 2019   23:04 0 4 1 Mohon Tunggu...
"Dark Phoenix", Penutup 19 Tahun Kisah X-Men yang Cacat
Sources : comingsoon.net

Kisah sekumpulan  ras homo superior, atau yang lebih dikenal mutan yang membentuk kelompok pelindung mutan dan superhero penyelamat manusia bernama "X-Men" , sudah dimulai di layar lebar sebelum Marvel Cinematic Universe (MCU) hadir. Dimulai di film X-Men di tahun 2000, kita diperkenalkan pada Wolverine, Jean Grey, Cyclops, Professor X, Magneto dan mutan lainnya dengan kekuatan unik mereka masing masing.

Perjalanan Selama 19 Tahun.

Terhitung sudah 19 tahun, kisah para mutan ini menemani kita, dengan total 10 film. Dari segi jumlah memang kalah dengan MCU yang punya 22 film hanya dalam kurun waktu 11 tahun, wajar saja karena konsepnya memang berbeda dengan MCU dan dipegang oleh studio lain yaitu 20th Century Fox atau lebih dikenal dengan nama Fox saja. Sebenarnya X-Men adalah bagian  dari Marvel, tapi lisensinya dibeli oleh Fox, sehingga Fox punya universe sendiri yang dikhususkan untuk para mutan tanpa adanya superhero marvel macam Iron Man, Captain Amerika dan lainnya.

Aturan Trilogi Film.

Fox lebih memilih membuat triologi film untuk para mutan ini, triologi pertama adalah trilogi milik X-Men, sekelompok manusia dengan kekuatan unik yang dianggap berbahaya oleh pemerintah dan mendapat diskriminasi oleh dunia, lalu dilanjutkan oleh X-Men 2 di tahun 2003,yang mempertegas konflik sperti apa yang dialami oleh para Mutan.Lantas, X-Men : The Last Stand yang dirilis di tahun 2006,menjadi sebuah konklusi dan penutup dari kisah X-Men, diceritakan akhirnya ditemukan serum penawar mutan  dan X-Men bertemu musuh yang sangat kuat yang sebenarnya adalah versi lain dari Jean Grey. Jean Grey jahat ini membunuh Professor X dan menjadi musuh bersama mutan dan manusia, di akhir cerita Wolverine berhasil mengalahkan Jean Grey dan para mutan memutuskan untuk menjadi manusia biasa.  

Trilogi X-Men sukses, tapi kisah X-Men sudah berakhir, anggota X-Men juga sudah tidak ada, akhirnya diputuskan untuk membuat spin off  Wolverine alias James Logan, karakter yang mencuri perhatian dan dimainkan dengan epik oleh Hugh Jackman, dikisahkanlah asal usul si Wolverine, menjawab plot hole yang ada di X-Men mengenai hubungannya dengan Wiliam Stryker, pemimpin pasukan khusus yang sangat membenci mutan. Setelah sukses dengan Wolverine, dibuatlah sekuelnya, yang kisahnya melanjutkan dari X-Men last Stand,diceritakan  dimana jumlah mutan hanya tinggal sedikit, salah satunya adalah Wolverine ini,disini dia bertemu dengan "teman" lamanya yang pernah dia selamatkan saat perang dunia ke-2 yang pada akhirnya membawanya menuju Jepang.

Kisah Wolverine ditutup di Logan di tahun 2017, Hugh Jackman sudah tidak mau menjadi Wolverine dia memutuskan pensiun, karena merasa sudah terlalu tua dan tidak sanggup menjaga bentuk badannya tetap prima seperti tokoh Wolverine, Logan bercerita tentang Wolverine yang sudah tua dan sudah mulai kepayahan ketika bertarung, tapi merrasa masih mempunyai tanggung jawab sebagai satu-satunya anggota X-Men yang tersisa.Kisah Logan sendiri berada di timeline yang berbeda dengan kisah trilogi X-Men dan 2 seri film wolverine sebelumnya. Dikarenakan adanya time travel yang dilakukan di seri X-Men Origins lain.

Selain origins Wolverine ada juga seri origins untuk profesor X dan Magneto, cerita dimulai dari X men First class di tahun 2011, diceritakan bagaimana awal pertemuan kedua karakter ini, bagaimana mereka dulunya adalah sahabat tapi kemudian terjadi konflik dan memilih jalan yang berbeda. Kisah ini berlanjut  di "Days Of Future Past" (2014) yang secara halus telah mereboot semua kejadian yang ada di seri trilogi X-Men terdahulu dan 2 film Logan, Disitu dikisahkan jika kondisi mutan di masa depan sangat memprihatinkan, jumlah mereka kian sedikit karena diburu oleh robot sentinel, disini Wolverine melakukan perjalanan waktu untuk mengubah masa depan, masa depan dimana tidak ada robot sentinel dan manusia tidak membenci mutan.

Trilogi X-Men untuk Professor X dan Magneto ditutup oleh kisah "Appocalypse" (2016), dimana diperkenalkan Jean Grey, Cyclops dan Strom dalam versi yang berbeda, dengan pemain yang lebih muda dan lebih segar, vilain utama disini dikalahkan oleh Jean Grey, yang menegaskan jika di versi manapun Jean Grey bisa dikatakan adalah mutan terkuat, di jelaskan juga kenapa akhirnya Professor X bisa botak dan asal usul kekuatan Magneto yang over power.

3 Trilogi telah selesai, tapi Fox masih belum rela X Men selesai, lalu dibuatlah dark phoenix, dark phoenix bukan trilogi, juga bukan origins baru, tujuan asli Fox nampaknya adalah mereboot kisah X-Men yang dimulai di tahun 2000 dengan pemain dan cerita yang baru, tapi hal ini nampaknya gagal.Setelah proses akusisi Fox oleh Disney, yang menjadikan X-Men kembali menjadi bagian dari MCU,Kisah X-Men harus berakhir di dark phoenix.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2