Mohon tunggu...
Yudi Kurniadi
Yudi Kurniadi Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja

Pekerja konstruksi dan penikmat sepakbola yang lagi suka menulis. Here We Go!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jangan Remehkan West Ham, Tim Debutan Liga Europa Musim Ini

16 September 2021   16:55 Diperbarui: 16 September 2021   17:00 145 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jangan Remehkan West Ham, Tim Debutan Liga Europa Musim Ini
Kampanye West Ham di Europa League (foto: twitter West Ham)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, wakil Premier League, West Ham United ikut serta dalam persaingan fase grup Liga Europa musim 2021-2022. Klub berjulukan The Hammers ini tergabung di grup H bersama Dinamo Zagreb, Genk, serta Rapid Wien.

Musim ini West Ham adalah tim debutan, tapi meski dianggap sebagai 'anak bawang', jangan pernah anggap remeh yang sejatinya pernah berkiprah di kompetisi elit Eropa nomor 2 ini ( no 1 ya Liga Champions).

Sebelumnya klub yang berasal dari London Timur itu terakhir tampil di fase utama Liga Europa pada musim 2006/2007. Waktu itu kompetisi masih bernama Piala UEFA dan belum menggunakan sistem fase grup. Lawan yang dihadapi adalah klub asal Italia, Palermo.

Pada musim tersebut dimana masih menggunakan sistem gugur, pada dua pertemuan menghadapi klub yang bermarkas di pulau Sicilia itu, West Ham menderita dua kekalahan. Saat menjamu Palermo di Upton Park kalah 0-1 dan tandang ke Italia kalah 0-3.

Nah, selang sepuluh tahun atau tepatnya pada musim 2015/2016 West Ham kembali berkiprah di Europa League. Tim waktu itu dibesut oleh pelatih asal Kroasia, Slaven Bilic harus melewati babak kualifikasi. Setelah melewati dua fase dengan hasil memuaskan, West Ham harus mengubur impiannya tampil di fase grup Europa League.

Kegagalan West Ham waktu itu setelah dikalahkan adu penalti oleh klub asal Rumania, Astra di babak kualifikasi ketiga. Kedua tim memiliki agregat sama 1-1 dalam dua pertemuan. Setelah kegagalan itu, The Hammers sempat kembali mengikuti babak kualifikasi Europa League pada awal musim 2016/2017, kembali Mark Noble dkk harus gigit jari oleh tim yang musim lalu mengalahkannya, Astra.

Sudah dua kesempatan secara berturut-turut, konsistensi West Ham malah melorot di kompetisi Liga Inggris dan malahan hampir degradasi, yang membuat mereka harus melupakan tampil di kompetisi Eropa.

***

Melewati pelbagai masalah, fase suram nan harap-harap cemas akan konsistensi West Ham di kompetisi Liga Inggris, akhirnya pada akhir kompetisi 2020/2021 sukses merealisasikan target minimal mereka untuk lolos ke Liga Europa musim 2021/2022.

Berkat sprint fantastis pasca-pandemi, West Ham menggaransi selembar tiket Liga Europa 2021-2022. Dalam kompetisi Liga Inggris itu, The Hammers berhasil menduduki posisi 6 besar klasemen Premier League 2020/2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan