Mohon tunggu...
Yudi Kita
Yudi Kita Mohon Tunggu... My life is a journey

Menulis adalah jalan cerita hidup untuk mengabadikan pikiran, pengalaman dan gagasan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Jalan-jalan ke Singapore Tak Sampai 400 Ribu

29 Juli 2019   09:48 Diperbarui: 29 Juli 2019   12:04 907 5 1 Mohon Tunggu...

Singapura dikenal sebagai negara yang serba mahal, harga sebotol air mineral ukuran 600ml saja dihargai sekitar 15.000/botol, apalagi soal makanan-makanan lainnya, namun bagi warga Batam, Singapura tidak terlihat se ekslusif itu, mengingat Batam dan Singapura hanya berjarak tempu 1jam saja, waktu itu sama dengan jarak tempuh Batam ke Tanjung Pinang.

Sebenarnya seh, jika dihitung-hitung, jarak tempuh Batam Singapura lebih cepat dibandingkan jarak tempuh Batam Tanjung Pinang, karena kapal-kapal yang berlayar ke Tanjung Pinang berlari lebih cepat dibanding kapal-kapal yang berlayar ke Singapura.

Belum lagi aturan di Singapura yang tidak memperbolehkan kapal-kapal untuk berlari kencang saat sudah dekat dengan pelabuhan di Singapura, mungkin aturan itu dilakukan untuk menghindari rusaknya pantai-pantai buatan disekitar pulau-pulau di Singapura, seperti Pantai Sentosa yang berdekatan dengan Pelabuhan Harbourfront.

Dokpri
Dokpri
Untuk ke Singapura dari Batam, memiliki alternatif yang lumayan banyak, namun paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah Pelabuhan Sekupang, Harbour Bay terletak di Batu Ampar dan Pelabuhan Batam Centre, namun masih ada pelabuhan lainnya seperti di Nongsa dan Marina.

Akhir-akhir ini kapal Ferry yang tujuan ke Batam sedang melakukan promo, yang sudah berjalan beberapa bulan, salah satu kapal Ferry yang melakukan promo adalah kapal Horizon, yang merupakan kapal baru beroperasi, harga yang ditawarkan cukup murah, yaitu Pulang-Pergi hanya 200ribu rupiah dan itu sudah All In Include. 

Kita bisa membeli tiket tersebut di kawasan Kampung Pelita Lubuk Baja, di Bos Tour and Travel di samping Harley Davidson atau Xiaomi Center, mungkin juga dijual diberbagai counter lainnya.

Dokpri
Dokpri
Untuk perjalanan dengan Kapal Horizon menggunakan pelabuhan Harbour Bay, yang terletak di Batu Ampar dan menuju Harbourfront, perjalanan Batam Singapura dimulai pada pukul 06.00 Wib dan akan ada sekitar setiap 45 menit sekali. 

Rencana awal kami berangkat pada pukul 06.00 Wib yang merupakan kapal pertama, namun karena keterlambatan, akhirnya kami harus berangkat untuk kapal jadwal kedua, yaitu pukul 06.45 Wib,

Setiba di Singapura, tujuan utama kami adalah Jewel, Changi Air Port, yang merupakan tempat terpopuler saat ini di Singapura, karena baru saja dibuka, yang merupakan air terjun buatan. 

Untuk berjalan-jalan di Singapura, kami cukup mengisi saldo EZ Link sebanyak 10 dolar, yang berarti 1 dolar sama dengan 10.200 rupiah, jika anda tidak memiliki kartu EZ Link, anda harus membeli terlebih dahulu di Counter yang ada disetiap terminal MRT, harga kartu tersebut berkisar 15 dolar, (untuk sekarang, harganya saya tidak tahu berapa).

20190422-sm-up-to-crl-w-dt4-0-5d3e7d700d82307010491862.jpg
20190422-sm-up-to-crl-w-dt4-0-5d3e7d700d82307010491862.jpg
Setelah mengisi saldo EZ link, kami menuju stasiun MRT, untuk menandakan tujuan, MRT di Singapura di petanya dibuat dengan warna yang bervariasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x