Mohon tunggu...
Yudha SetyaNugraha
Yudha SetyaNugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu komunikasi UAJY

Yudha lahir 20 tahun yang lalu lewat kisah yang sangat tidak terduga sebelumnya. Dia suka bercerita dan berceloteh panjang tentang apa yang dia suka. Dia juga suka beropini walau terkadang hanya tentang hal remeh temeh. Dia menulis cerita dan menceritakan sendiri dengan mulutnya yang tidak bisa berhenti berbicara. Dia suka nasi goreng, oleh karena itu dia lebih sehat daripada rata-rata kalian semua. Lebih penting lagi dia adalah 2X Times Tarik Tambang 17th August Championship Domestic Champion.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"1917" Road Film di Dalam Film Perang

16 September 2020   20:50 Diperbarui: 17 September 2020   08:22 233 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"1917" Road Film di Dalam Film Perang
"1917" Sebuah Road Film yang dibungkus didalam sebuah Film Perang. Sumber Gambar: www.google.com/cinemablend

Perang dunia pertama terjadi dari tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918, dipicu oleh pembunuhan pangeran Franz Ferdinand dari Austria-Hongaria. Perang dunia pertama menjadi titik awal dari beberapa hal penting didunia, dari revolusi industri, terbentuknya LBB, terbentuknya Uni Soviet dan penggunaan tank untuk pertama kali di dunia. Mungkin kisahnya sedikit ter-overshadowing oleh kisah-kisah yang terjadi di perang dunia kedua namun salah satu kisah paling heroik didalamnya diabadikan dalam film 1917.

Sekilas tentang 1917

1917 merupakan film yang disutradari oleh Sam Mendez, dibintangi oleh beberapa nama besar seperti Mark Strong, Benedict Cumberbatch, George Mackay dan Dean-Charles Chapman yang dirilis pada Januari 2020 yang lalu. Bercerita tentang 2 Kopral muda pada masa perang dunia pertama bernama Kopral Schofield (George Mackay) dan Kopral Blake (Dean-Charles Chapman) dari pasukan Inggris yang ditugaskan untuk mengirim surat perintah pemberhentian penyerangan kepada battalion depan yang dipimpin oleh Colonel Mackenzie (Benedict Cumberbatch).

Film ini menggunakan teknik sinematografi yang unik dimana film ini menggunakan teknik sinematografi one shot . Adegan dari awal hingga akhir film seakan tidak terputus dan seperti tidak terdapat cut didalamnya. Hanya ada sekali cut yang nampak yakni adegan saat kopral Schofield pingsan yang juga digunakan sebagai transisi waktu dari siang ke malam hari.

Disutradai oleh Sam Mendez yang sebelumnya menyutradari Skyfall (2012) membuat kualitas 1917 istimewa. Sumber Gambar: www.google.com/www.ibc.org
Disutradai oleh Sam Mendez yang sebelumnya menyutradari Skyfall (2012) membuat kualitas 1917 istimewa. Sumber Gambar: www.google.com/www.ibc.org

Road Film dalam Film Perang

1917 seperti film-film perang lain yang berfokus pada peristiwa perang dunia. Dia didasarkan pada sejarah yang pasti, unsur militer modern yang kuat dan menyajikan drama kemanusiaan didalamnya. Namun 1917 nampak sedikit berbeda dengan film-film perang yang lainnya, perbedaan utamanya berasal dari sipnosisnya yang menceritakan tentang dua tokoh utama yang harus melakukan perjalanan bersama untuk memenuhi tugas mereka. nampak familiar dengan ciri-ciri salah satu genre film lain yakni Road Film.  

Hal ini menjadikan 1917 sebagai film yang unik karena dia merupakan sebuah Road Film didalam film perang.

Perjalanan Kopral Schofield dan Blake untuk mencapai battalion depan. Sumber https://www.google.com/funkergaming.com
Perjalanan Kopral Schofield dan Blake untuk mencapai battalion depan. Sumber https://www.google.com/funkergaming.com

Apa itu Road Film?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x