Mohon tunggu...
Yudha Setya Nugraha
Yudha Setya Nugraha Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Freelance Content Writer. Automotive, Movies and games Enthusiastic. Still developing, still learning. Jomblo dan bahagia. I always gave my best in every article.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"1917" Road Film di Dalam Film Perang

16 September 2020   20:50 Diperbarui: 22 Oktober 2020   07:16 448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
"1917" Sebuah Road Film yang dibungkus didalam sebuah Film Perang. Sumber Gambar: www.cinemablend.com

Perang dunia pertama terjadi dari tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918, dipicu oleh pembunuhan pangeran Franz Ferdinand dari Austria-Hongaria. Perang dunia pertama menjadi titik awal dari beberapa hal penting didunia, dari revolusi industri, terbentuknya LBB, terbentuknya Uni Soviet dan penggunaan tank untuk pertama kali di dunia. Mungkin kisahnya sedikit ter-overshadowing oleh kisah-kisah yang terjadi di perang dunia kedua namun salah satu kisah paling heroik didalamnya diabadikan dalam film 1917.

Sekilas tentang 1917

1917 merupakan film yang disutradari oleh Sam Mendez, dibintangi oleh beberapa nama besar seperti Mark Strong, Benedict Cumberbatch, George Mackay dan Dean-Charles Chapman yang dirilis pada Januari 2020 yang lalu. Bercerita tentang 2 Kopral muda pada masa perang dunia pertama bernama Kopral Schofield (George Mackay) dan Kopral Blake (Dean-Charles Chapman) dari pasukan Inggris yang ditugaskan untuk mengirim surat perintah pemberhentian penyerangan kepada battalion depan yang dipimpin oleh Colonel Mackenzie (Benedict Cumberbatch).

Film ini menggunakan teknik sinematografi yang unik dimana film ini menggunakan teknik sinematografi one shot . Adegan dari awal hingga akhir film seakan tidak terputus dan seperti tidak terdapat cut didalamnya. Hanya ada sekali cut yang nampak yakni adegan saat kopral Schofield pingsan yang juga digunakan sebagai transisi waktu dari siang ke malam hari.

Disutradai oleh Sam Mendez yang sebelumnya menyutradari Skyfall (2012) membuat kualitas 1917 istimewa. Sumber Gambar: www.ibc.org
Disutradai oleh Sam Mendez yang sebelumnya menyutradari Skyfall (2012) membuat kualitas 1917 istimewa. Sumber Gambar: www.ibc.org

Road Film dalam Film Perang

1917 seperti film-film perang lain yang berfokus pada peristiwa perang dunia. Dia didasarkan pada sejarah yang pasti, unsur militer modern yang kuat dan menyajikan drama kemanusiaan didalamnya. Namun 1917 nampak sedikit berbeda dengan film-film perang yang lainnya, perbedaan utamanya berasal dari sipnosisnya yang menceritakan tentang dua tokoh utama yang harus melakukan perjalanan bersama untuk memenuhi tugas mereka. nampak familiar dengan ciri-ciri salah satu genre film lain yakni Road Film.  

Hal ini menjadikan 1917 sebagai film yang unik karena dia merupakan sebuah Road Film didalam film perang.

Perjalanan Kopral Schofield dan Blake untuk mencapai battalion depan. Sumber: www.funkergaming.com
Perjalanan Kopral Schofield dan Blake untuk mencapai battalion depan. Sumber: www.funkergaming.com

Apa itu Road Film?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun