Mohon tunggu...
Yudha Wijaya Lubis
Yudha Wijaya Lubis Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Amor Fath Fatum Brutum

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Makalah Pendidikan Tujuan Filosofi dan Tujuan Fungsional Pendidikan Islam

1 Oktober 2022   14:04 Diperbarui: 1 Oktober 2022   14:08 472 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Tujuan utama pendidikan dalam Islam adalah mencari ridha Allah swt. Dengan pendidikan, diharapkan akan lahir individu-individu yang baik, bermoral, dan berkualitas. Sehingga bermanfaat bagi dirinya, keluarga, masyarakat, dan negaranya. Islam sangat mementingkan pendidikan. Karena dengan pendidikan yang benar dan berkualitas dapat menghasilkan pendidikan yang berakhlak dan beradab. Al-Ghazali mengungkapkan bahwa pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Sehingga dapat menciptakan pendidikan yang baik dan benar.

Mengapa tujuan-tujuan pendidikan perlu dibahas ? karena dengan tujuan itu kita bisa melihat ada namanya tujuan jangka panjang atau tujuan pendidikan sepanjang hayat. untuk mencapai jangka panjang maka diperlukan tujuan pilosofis, tujuan fungsional dan tujuan insidental.

Untuk mengetahui itu maka di dalam makalah ini kami memaparkan pemahaman mengenai tujuan filosofis, tujuan fungsional dan tujuan insidental.

B. Rumusan Masalah

  • Apa tujuan filosopis pendidikan islam ?
  • Apa tujuan fungsional pendidikan islam ?
  • Apa tujuan insidental ?
  • Bagaimana mewujudkan tujuan filosofis, fungsional dan insidental ?

C. Tujuan Penulisan

  • Untuk mengetahui tujuan filosofis pendidikan Islam
  • Untuk mengetahui tujuan fungsional pendidikna Islam
  • Untuk mengetahui tujuan insidental
  • Untuk mengetahui cara mewujudkan tujuan filosofis, fungsional, dan insidental pendidikan agama islam

BAB II PEMBAHASAN

A. Tujuan Filosofi Pendidikan Islam

Sebelum menjelaskan tujuan filosopis (filsafat) pendidikan islam disini pemakalah akan sampaikan beberapa defenisi filosopis dan pendidikan islam menurut para pakar pendidikan. Umum nya para pakar memberikan arti pendidikan sebagai proses. Tepat nya pendidikan islam merupakan proses menjadikan manusia lebih baik "insan kamil", bertaqwa kepada Allah SWT, serta berakhlak sesuai dengan nilai nilai islam.

Pemikiran filsafat yang diarahkan oleh filosof meliputi berbagai bidang kehidupan manusia, seperti politik, ekonomi, hukum dan juga pendidikan. Dalam kaitannya dengan pendidikan, filsafat memiliki makna sebagai pemikiran yang rasional, mendalam, sistematis, universal dan spekulasi tentang pendidikan. 

Karena pendidikan menyangkut problem manusia dengan kehidupannya yang berhubungan aktifias pendidikan (oekerjaan mendidik), maka secara garis besar filsafat  pendidikan meliputi pemikiran mengenai bagaimana menusia, hubungan dengan lingan, potensi yang dimilikinya, kemungkinan-kemungkinan untuk di didik dan sebagainya. [1]

Sedangkan pengertian Pendidikan Islam menurut Dr. Muhammad Fadhil Al-Jamali yang dikutip oleh Dr. Rahmat Hidayat di dalam kitabnya menyatakan bahwa pengertian pendidikan islam sebagai upaya mengembangkan, mendorong, serta mengajak manusia untuk lebih maju dengan berlandaskan nilai-nilai yang tinggi dan kehidupan mulia, sehingga terbentuk pribadi yang lebih sempurna, baik yang berkaitan dengan akal, perasaan, maupun perbuatan.[2]

Selanjutnya, pengertian pendidikan Islam datang dari hasil rumusan Seminar Pendidikan Islam se-Indonesia 1960, yang memberikan pengertian pendidikan Islam sebagai bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh dan mengawasi berlakunya semua ajaran Islam.[3]

Beda halnya dengan Rahmayulis mengartikan bahwa Filsfat Pendidikan Islam memiliki makna yang mengkhususkan kajian pemikiran-pemikiran yang menyeluruh, mendasar tentang pendidikan berdasarkan tuntutan Islam.[4] Sedangkan di dalam konteks keislaman menuntut manusia memiliki nilai-nilai kebenaran yang hakiki dan mutlak untuk dijadikan sebagai pedoman dalam aspek kehidupan maupun pendidikan.

Maka dari beberapa defenisi di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan Folosofis Pendidikan Islam adalah untuk mempertinggi akhlak, memperkuat dan meningkatkan keimanan guna mencapai kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat. Rahmayulis mengatakan bahwa tujuan filosofis pendidikan islam identik dengan tugas kenabian yang diemban oleh Rasul yang mana diutus untuk membina akhlak yang mulia. Tujuan yang dicapai pendidikan islam adalah senantiasa diarahkan kepada bentuk bimbingan potensi manusia yang mampu mengemban amanah dan tugasnya sebagai khalifah dimuka bumi. Begitu juga menjadikan manusia sebagai fitri : jasmani, akal, gaib, dan ruh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan