Mohon tunggu...
YUDHA ADHITYA
YUDHA ADHITYA Mohon Tunggu... Lainnya - Analis Keimigrasian Ahli Pertama

ASN di Rumah Detensi Imigrasi Pontianak

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Sudut Pandang Keimigrasian: UAS Ditolak Masuk Singapura

24 Mei 2022   08:15 Diperbarui: 24 Mei 2022   08:23 161 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.caij.qc.ca/

Senin, 16 Mei 2022, publik heboh dengan beredarnya kabar pendeportasian UAS yang merupakan salah satu tokoh agama dari Indonesia oleh Singapura. 

UAS bersama enam orang lainnya akan masuk ke Singapura melalui Terminal Feri Tanah Merah. Namun, setelah diawancarai oleh petugas Immigration and Checkpoints Authority (ICA) Singapura, rombongan UAS ditolak masuk dan kembali ke Batam pada hari yang sama.

Ditolak Masuk

UAS dalam media sosial menyebut bahwa dirinya dimasukan kedalam sebuah ruangan kecil sebelum dideportasi. Ruangan kecil yang dimaksud tersebut bukanlah penjara, melainkan Ruang Detensi Imigrasi yang berada di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Terminal Feri Tanah Merah di Singapura. 

Ruang Detensi Imigrasi berfungsi untuk menampung sementara Orang Asing yang ditolak masuk suatu negara serta menunggu proses pemulangan.

Kabar lain yang beredar adalah UAS dideportasi oleh ICA Singapura. Kabar tersebut tidak tepat, yang terjadi sebenarnya adalah UAS ditolak masuk ke Singapura karena dianggap tidak memenuhi kriteria. 

Ditolak masuk atau diberikan not to land notice tentu sangat berbeda dengan Deportasi. Not to Land adalah penolakan untuk masuk di batas negara atau penolakan masuk seketika di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di sebuah negara. 

Seseorang yang memperoleh Not to Land notice, maka akan langsung dikembalikan ke negara bersangkutan pada pemberangkatan pertama menuju negara pemberangkatan. 

Sedangkan Deportasi adalah tindakan paksa mengeluarkan Orang Asing dari wilayah Negara. Dengan kata lain, Orang yang dideportasi sebelumnya telah masuk ke dalam wilayah suatu Negara kemudian dikeluarkan secara paksa. Dalam kasus UAS, yang bersangkutan belum masuk kedalam wilayah Singapura sehingga tidak tepat apabila menggunakan istilah deportasi.

Keimigrasian Merupakan Wujud Kedaulatan Suatu Negara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan