Mohon tunggu...
Galih Wisnu Brata
Galih Wisnu Brata Mohon Tunggu... Penulis - Penulis amatir

Senang membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Tips Menulis untuk Pemula agar Bisa Menghasilkan Tulisan Berbobot

17 Juni 2021   15:59 Diperbarui: 17 Juni 2021   16:00 58 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menulis untuk Pemula agar Bisa Menghasilkan Tulisan Berbobot
Tips Menulis - freepik.com

Menjadi penulis susah-susah gampang. Yang paling penting untuk menjadi penulis adalah konsisten. Menulis saat ini bukan sekadar untuk menyalurkan hobi, tapi juga dapat menjadi sebuah profesi. Banyak pekerjaan yang berkaitan dengan dunia tulis-menulis.
Belakangan ini, copywriter menjadi salah satu pekerjaan yang paling sering dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Selain itu, content writer juga tidak kalah dicari lantaran mulai banyak yang membangun situs web dan blog, tetapi tidak piawai menulis.

Tips Menulis untuk Pemula

Menulis terkadang dianggap berat bagi sebagian orang. Namun, ada beberapa yang mencoba melakoninya. Agar menulis menjadi tidak seberat yang dibayangkan, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Berikut ini adalah tips menulis untuk pemula yang bisa diterapkan.

  • Memilih topik

Sebelum memutuskan menulis, alangkah lebih baik memilih topik tulisan yang disenangi. Dengan memilih topik yang disenangi, menulis akan terasa lebih menyenangkan. Siapa tahu juga, topik tersebut akan menjadi spesialisasi yang dikuasai. Misalnya, jika ingin menjadi content writer bisa memilih topik kesehatan, sepak bola, atau kuliner.

  • Membaca yang rajin

Setelah menentukan topik, kita harus rajin membaca tulisan terkait topik yang dipilih. Sumber bacaan bisa bermacam-macam. Kita bisa membaca artikel, jurnal, buku, blog, atau novel. Dengan rajin membaca akan memperkaya dan memperdalam topik yang telah dipilih.

  • Melakukan riset

Rajin membaca saja tidak cukup. Riset juga harus dilakukan agar tulisan yang dihasilkan tidak sekadar omong kosong. Riset bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Misalnya, dengan membagikan kuesioner, mewawancarai narasumber, atau melakukan riset digital. Dengan riset, tulisan yang akan kita hasilkan akan lebih valid.

  • Membuat kerangka

Kerangka tulisan bagi sebagian penulis memang kurang penting. Makanya, banyak penulis yang tidak membuat kerangka tulisan. Padahal, dengan membuat kerangka, tulisan menjadi lebih terarah. Kerangka tulisan tidak harus dituliskan, bisa dengan cukup disimpan di dalam pikiran meski lebih baik dituliskan agar tidak lupa.

  • Mulai menulis

Yang terpenting untuk menjadi penulis adalah dengan memulainya. Tidak perlu ribet dan berat memikirkan hasilnya. Kita bisa memulai dengan menulis hal-hal sederhana. Kita bisa bagikan tulisan di media sosial. Kalau mau lebih tertata bisa membuat blog pribadi. Blog juga bisa menjadi portofolio ketika kita akan menjadi penulis profesional.

Itulah beberapa tips menulis untuk pemula. Kamu juga bisa menerapkan caramu sendiri agar menulis lebih menyenangkan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x