Mohon tunggu...
Muhammad Taufiq Fajri
Muhammad Taufiq Fajri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IPB University

Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan IPB University 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa IPB University Bersama MBKM Melakukan Kegiatan Manajemen Ternak di IP3J Jonggol

21 Oktober 2021   15:32 Diperbarui: 21 Oktober 2021   15:35 102 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Fakultas Peternakan, IPB University melaksanakan kegiatan magang bersama PT. Santana Manggala Karya (SMK) yang berlokasi di Unit Pendidikan dan Penelitian Peternakan Jonggol (UP3J IPB). 

Program ini memiliki beberapa kegiatan berlangsung pada 25 September - 15 Desember 2021. Kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan lahan UP3J yang sejak dahulu disiapkan untuk pengembangan hijauan pakan dan ternak dan dikelola langsung oleh Fakultas Peternakan IPB University. 

Diantara banyaknya rangkaian kegiatan dalam program Magang Bersama Merdeka Belajar (MBKM), kegiatan yang cukup menarik perhatian yaitu manajemen ternak yang ada di lingkungan UP3J. Manajemen pemeliharaan UP3J sendiri saat ini sedang mengembangkan bibit unggul domba dengan menyilangkan pejantan unggul dan betina unggul. Saat ini di UP3J terdapat 131 domba yang sedang dikembangkan bibitnya. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang dapat mensuplai usaha peternakan.

Manajemen merupakan tindakan untuk mengatur sesuatu yang meliputi pelaksanaan dan pengawasan suatu kegiatan dalam menggunakan sarana dalam mencapai tujuan tertentu. Manajemen ternak mencakup manajemen pemeliharaan, pakan, kesehatan ternak, kandang, dan hal lain yang dapat meningkatkan produksi ternak. 

Pemeliharaan di kandang domba UP3J IPB meliputi perancangan dan operasi kandang. Pemberian pakan untuk domba yaitu diawali dengan mengambil rumput odod +-60kg/hari  yang diambil oleh pekerja UP3J di ladang rumput odod pada jam 08.00 WIB. Setelah itu rumput odod dibawa ke kandang domba dan diletakan di depan kandang domba. Saat jam 09.00 WIB domba dikeluarkan dari kandang lalu domba akan langsung mengarah ke rumput odod berada.

“Kesehatan ternak meliputi penanganan ternak sakit, penanganan ternak yang baru datang, pencatatan rutin mengenai kesehatan ternak. Pemeliharaan kesehatan rutin yang dilakukan diantaranya pemberian obat cacing, dan obat diare ternak.” ucap Bpk Sasmita, manajemen kandang domba UP3J

Manajemen kandang meliputi bentuk pengelolaan perkandangan termasuk fungsi kandang, jenis-jenis kandang, dan tipe-tipe kandang. Fungsi kandang sebagai tempat berlindung sekaligus berlangsungnya berbagai aktivitas dari ternak. Jenis kandang meliputi kandang individu, kandang kelompok, kandang pejantan, kandang beranak, kandang karantina. Manajemen perkandangan yang belum sesuai dengan persyaratan dapat mengganggu produktivitas ternak dan berdampak pada lingkungan sekitar. 

“Kandang yang dibangun bukan saja sekedar melindungi ternak dari hujan, panas, dingin dan angin kencang atau melindungi dari pencuri dan hewan pemangsa tetapi kandang dibangun harus memenuhi persyaratan kandang yang baik yaitu diantaranya kandang rutin dibersihkan, sirkulasi udara baik, tidak terdapat bocor, dan kadang tidak melukai ternak.” ucap Bpk Agus, salah satu penanggung jawab UP3J.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan