Mohon tunggu...
Joshephine Maretta
Joshephine Maretta Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Ilmu Komunikasi ✨

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tren Clickbait Pada Jurnalisme Multimedia

25 Oktober 2021   02:00 Diperbarui: 25 Oktober 2021   02:02 81 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : https://romeltea.com/media-online-kian-menyiksa-pembacanya/

Clickbait seringkali digunakan oleh jurnalis atau pelaku media untuk menarik perhatian audiens. Dengan begitu clickbait dianggap menjadi suatu tren yang digunakan pada jurnalisme multimedia.

Jurnalisme multimedia muncul karena adanya perkembangan teknologi. Seringkali jurnalisme multimedia disamakan dengan jurnalisme online, namun pada kenyataannya keduanya merupakan hal yang berbeda.

Selain itu, perkembangan teknologi dan jurnalisme tersebut juga memunculkan beragam platform media yang menyediakan informasi.

Platform media yang ada semakin mempermudah jurnalis dalam membagikan suatu informasi. Namun, untuk menarik perhatian pembaca, jurnalis harus memiliki strategi tersendiri.

Salah satu strategi yang sering digunakan oleh para jurnalis adalah menggunakan clickbait dalam judul artikel.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai jurnalisme multimedia dan tren clickbait yang sering terjadi, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Jurnalisme Multimedia

Sumber : https://www.freepik.com/free-vector/news-mass-media-vector-concept-journalist-journalism-flat-icons_10601912.htm
Sumber : https://www.freepik.com/free-vector/news-mass-media-vector-concept-journalist-journalism-flat-icons_10601912.htm

Jurnalisme multimedia dengan jurnalisme online merupakan dua hal yang berbeda. Dalam jurnalisme multimedia terdapat beberapa macam media didalamnya. 

Yohanes Widodo dalam bukunya yang berjudul Jurnalisme Multimedia menyatakan bahwa jurnalisme multimedia dipahami sebagai banyak media, berupa teks, foto, video, audio, gambar, dan lain-lain. Namun, jurnalisme baru dapat disebut sebagai multimedia ketika ada kombinasi antara beberapa media, dimana paling sedikitnya ada tiga jenis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan