Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Saat VAR Unjuk Gigi di Liga Inggris

6 September 2022   00:14 Diperbarui: 6 September 2022   21:42 560 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Wasit Michael Oliver menyaksikan tayangan ulang momen gol karena ada pemain yang berada pada posisi off-side sebelum gol tercipta. (PAUL ELLIS via KOMPAS.ID) 

Pekan keenam Liga Inggris musim 2022/2023 menghadirkan banyak cerita.  Mulai dari Derby Merseyside yang seru tapi tanpa gol, sampai kebangkitan Manchester United yang memutus catatan sempurna Arsenal.

Tapi, dari semua cerita yang hadir, sorotan muncul dari kinerja VAR, yang menganulir gol di lima pertandingan, yakni di Derby Merseyside, Chelsea vs West Ham, Spurs vs Fulham, Brighton vs Leicester City dan Manchester United vs Arsenal. 

Jika VAR adalah seorang pemain, dia sudah mencetak lima gol alias "quintrick" dalam sepekan.

Tapi, quintrick ini jadi sesuatu yang menyebalkan bagi tim yang golnya dianulir, karena mengganggu momentum positif tim. 

Pada laga Derby Merseyside misalnya, gol Connor Coady dianulir karena tinjauan VAR mendeteksi bagian tangan si pemain terjebak offside sangat tipis. Apa boleh buat, Everton tak jadi menang. 

Di London, juga dalam dua laga bertajuk Derby tim sekota, Chelsea hampir saja dipaksa bermain imbang 2-2 melawan West Ham, andai VAR tidak menganulir gol Jarrod Bowen. 

Mengenai kejadian ini, tinjauan VAR menilai Bowen lebih dulu melanggar Eduard Mendy sebelum menjebol gawang kiper asal Senegal itu.

Momen offside Connor Coady di Derby Merseyside (Talksport.com)
Momen offside Connor Coady di Derby Merseyside (Talksport.com)
Di sudut lain kota London, gol menit akhir Tottenham Hotspur yang dicetak Richarlison juga dianulir VAR, karena pada prosesnya terjadi offside. Apa boleh buat, Richarlison yang sudah terlanjur selebrasi harus mendapat kartu kuning akibat melepas jersey.

Beruntung, Spurs tetap meraih kemenangan 2-1 dari Fulham. Hasil ini sekaligus memperpanjang catatan belum pernah kalah tim asuhan Antonio Conte di liga. Selain mereka, tinggal Manchester City saja yang masih belum pernah kalah hingga pekan keenam.

Beralih ke Brighton, VAR membatalkan gol tendangan geledek Alexis McAllister di awal babak kedua, karena pada prosesnya, tinjauan VAR menemukan, bagian kaki Enoch Mwepu terjebak offside. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan