Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pemain Kidal, Warna Unik di Sepak Bola

11 Juni 2022   14:42 Diperbarui: 11 Juni 2022   15:08 371 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lionel Messi & Mohamed Salah (Mirror.co.uk)

Bicara soal kaki terkuat pesepakbola, para pemain berkaki kanan jumlahnya memang jauh lebih banyak dari yang berkaki kiri alias kidal. Tapi, bukan berarti para pemain kidal ini lalu terlupakan begitu saja.

Meski jumlahnya relatif terbatas dari masa ke masa, selalu ada pemain kidal yang bersinar terang. Beberapa dari mereka bahkan dikenal karena ciri khas atau kelebihan khususnya.

Di pos penjaga gawang, ada dua kiper bergaya klasik (shot-stopper) dari Eropa yang terkenal punya refleks istimewa, yakni Petr Cech (Republik Ceko) dan Iker Casillas (Spanyol).

Sementara itu, di untuk tipikal kiper modern, ada Jose Luis Chilavert (Paraguay) dan Ederson (Brasil) yang cukup nyaman memainkan bola di kakinya dengan akurasi umpan sangat baik.

Chilavert bahkan menjadi kiper pertama yang mampu mencetak hat-trick pada tahun 1999, saat memperkuat Velez Sarsfield di Liga Argentina. Secara total, kiper berjuluk Si Bulldog ini mencetak 67 gol sepanjang karirnya, kebanyakan lewat eksekusi tendangan bebas atau penalti.

Di lini belakang, ada empat nama familiar yang identik dengan kaki kiri spesialnya. Mereka adalah Paolo Maldini (Italia), Roberto Carlos, dan Marcelo (Brasil) serta Andy Robertson (Skotlandia).

Maldini dikenal karena loyalitasnya di AC Milan dan gaya mainnya yang elegan, sementara tiga nama lainnya dikenal punya kecepatan dan umpan silang kualitas yahud di sisi kiri.

Tapi, dari keempatnya, nama Roberto Carlos menjadi yang paling familiar, khususnya bagi generasi awal penikmat game PlayStation. Maklum, legenda Real Madrid ini juga dikenal punya tendangan geledek.

Karenanya, oleh para pemain PlayStation di masa itu, Carlos kerap dijadikan penyerang tengah dadakan. Anda mungkin salah satu diantaranya.

Selain Roberto Carlos, Brasileiro kidal lain yang juga jadi legenda di game PlayStation adalah Adriano Leite, legenda Inter Milan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan