Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Melihat "Musim Semi" Konten Spoiler

28 September 2021   00:30 Diperbarui: 28 September 2021   00:31 87 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Melihat "Musim Semi" Konten Spoiler
Ilustrasi konten spoiler (Tribunnews.com)

Belakangan ini, konten spoiler alur drama, entah film atau drama seri, sedang tren di media sosial. Sebelumnya, tren ini didahului oleh spoiler alur cerita komik atau novel.

Tren ini membuat banyak konten spoiler hadir. Entah di platform blog, video, atau yang lain. Saking banyaknya, semua seperti sedang berlomba-lomba membuat konten spoiler ini.

Oke, sebagian orang menganggap konten jenis ini adalah jenis konten remeh. Materinya ada, tinggal dirangkai jadi konten baru, beres sudah. Banyak klik sudah pasti datang, terutama jika si kreator punya ciri khas spesifik, atau spoiler alur ceritanya berasal dari drama terkenal.

Ini jelas tak serumit kalau membuat film, buku, atau artikel sendiri. Materinya banyak, tinggal pilih, sesuaikan dengan tren atau permintaan pembaca atau penonton. Selebihnya, tinggal bergantung pada kemampuan si kreator dalam berkreasi.

Mungkin, jenis karya ini terkesan kurang etis, karena kurang menghargai sebuah karya cipta, baik dari segi proses maupun hasil. Sebuah buku atau tayangan yang dibuat dengan susah payah, mampu disederhanakan sedemikian rupa.

Hasilnya, apa yang biasanya dibaca atau ditonton dalam hitungan jam, bisa tuntas dalam hitungan menit. Jika spoiler alur cerita itu berasal dari drama seri, durasi "binge watching" yang bisa mencapai seharian penuh juga bisa diperpendek.

"Pemendekan durasi" ini mungkin akan menjengkelkan, khususnya bagi mereka yang sangat idealis. Tapi, jujur saja, konten spoiler ini justru bisa membantu penonton, untuk memilah, mana drama yang bagus atau tidak layak tonton, seperti halnya pada buku atau karya sejenis.

Selain itu, konten spoiler alur cerita juga bisa jadi solusi, buat mereka yang hanya ingin mengetahui garis besar cerita, tanpa kuatir kekurangan waktu. Belakangan, ini menjadi sebuah masalah klasik saat membaca buku atau menonton film. Masalah ini makin terlihat sejak pandemi datang, 24 jam sehari bahkan kadang terasa kurang.

Disadari atau tidak, masalah kekurangan waktu ini adalah satu hal yang jadi penghalang untuk menonton sampai tuntas, atau menikmati beragam konten dalam durasi cukup mepet.

Inilah satu alasan, yang membuat konten spoiler alur cerita, apapun bentuknya, belakangan ini sangat diminati. Tak heran, kreator konten kategori ini banyak bermunculan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hiburan Selengkapnya
Lihat Hiburan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan