Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Rasa Berbeda Fase Pramusim

9 Agustus 2021   11:04 Diperbarui: 9 Agustus 2021   11:33 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rasa Berbeda Fase Pramusim
Laga Pra-musim Liverpool vs Athletic Bilbao di Stadion Anfield (Tribunnews.com)

Jelang bergulirnya musim baru, sejumlah klub Eropa melakukan berbagai persiapan. Ada yang masih sibuk berbelanja pemain, seperti PSG dan Manchester City, ada juga yang sibuk melakoni laga uji coba, seperti Liverpool yang bertanding di Italia dan Austria, sebelum akhirnya kembali bermain di Stadion Anfield.

Tentunya, periode pra-musim kali ini sedikit berbeda, karena meski sudah mulai ada normalisasi jadwal, belum ada klub yang berani melakukan tur ke benua Asia. Padahal, benua Asia selalu jadi tujuan tur rutin.

Maklum, tingginya animo penonton dan potensi pasar yang besar sangat menarik, baik secara popularitas maupun finansial.

Tapi, masih tingginya angka kasus baru penderita COVID-19 di Benua Kuning membuat situasi jadi berbeda. Ditambah lagi, di musim panas tahun ini ada beberapa turnamen antarnegara, seperti Euro, Copa America, Olimpiade, dan Piala Emas.

Alhasil, kebanyakan klub Eropa, terutama klub besar, cenderung memilih untuk melakukan tur pra-musim di benua Eropa, atau paling jauh ke Amerika Serikat.

Dengan catatan, negara tujuan tur sudah mencapai kekebalan kolektif, atau dalam tim tersebut tak muncul kasus positif COVID-19 dalam jumlah besar. Untuk kasus ini, sudah ada Inter Milan yang sempat membatalkan tur ke Amerika Serikat, karena beberapa pemainnya terjangkit virus Corona.

Masalah ini tentu saja membuat klub sedikit kerepotan untuk mempersiapkan tim. Ada berbagai persiapan, tapi pemasukan bisa jadi lebih sedikit, karena animo penonton tak setinggi di Asia, terlepas dari adanya aturan pembatasan kapasitas maksimal di stadion.

Tapi, ada satu fenomena menarik dari fase pra-musim kali ini. Dimana, sebagian stadion mulai bisa terisi penonton dengan jumlah besar.

Sebagai contoh, saat Liverpool beruji coba dengan Athletic Bilbao di Anfield, stadion ini sudah diisi sekitar 40 ribu penonton, dari kapasitas maksimal 54 ribu kursi.

Di sini, kekebalan kolektif berkat vaksinasi massal dosis lengkap tampak sudah terbentuk. Pertambahan kasus memang masih ada, tapi tingkat kematiannya tidak setinggi dulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan