Mohon tunggu...
Yosh Widyawan
Yosh Widyawan Mohon Tunggu... Guru - 🇮🇩

☕ Sekedar penikmat rasa, kata dan makna📝

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kuliah Sambil Bekerja

3 Agustus 2022   09:20 Diperbarui: 3 Agustus 2022   10:34 167 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi:www.pexels.com (Foto oleh Tima Miroshnichenko)

Di masa yang semakin lama makin banyak tantangan dan persaingan, penting sekali ada persiapan. Terutama mengupayakan untuk mendapat berbagai pengetahuan dan keahlian. Bermacam lowongan pekerjaan menuntut seseorang memiliki kompetensi dan latar belakang pendidikan tertentu.

Mengenyam pendidikan di perguruan tinggi menjadi pilihan yang menjanjikan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Menjadikan pilihan lowongan pekerjaan lebih luas. Meski pada kenyataannya banyak juga orang lulusan perguruan tinggi kesulitan mencari pekerjaan.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi bagaimana seseorang memperoleh pekerjaan. Dari begitu banyaknya persaingan, hingga berbagai tuntutan  yang ada di dunia kerja. Dan sebenarnya terbuka banyak peluang untuk menciptakan lapangan kerja baru dengan bermodalkan latar belakang pendidikan perguruan tinggi.

Perkuliahan yang harus dijalani untuk diselesaikan seseorang tak jarang memerlukan waktu yang cukup lama. Bagi orang yang ingin cepat bekerja dan segera ingin meringankan beban orang tua cenderung memilih alternatif pendidikan lain, seperti mengikuti kursus-kursus keahlian tertentu.

Persoalan-persoalan yang harus dihadapi bisa muncul dari awal, saat proses bahkan saat setelah selesai kuliah. Ada yang kebingungan memilih jurusan, kesulitan dana hingga hingga setelah lulus merasa salah jurusan. Sesuai dinamika jaman, berbeda-beda dan semakin kompleks.

Ada banyak kemungkinan di masa depan. Selera seseorang pun bisa berubah seiring berjalannya waktu. Cita-cita bisa berubah-ubah sejalan dengan pengalaman hidup seseorang. Memperoleh teori atau pandangan baru bisa mempengaruhi arah tujuan hidup seseorang.

Bahkan di dunia kerja sering terjadi, harus mengikuti perkuliahan lagi karena tuntutan pekerjaan. Mendapat kesempatan kerja tapi tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Akhirnya harus kuliah lagi di sela pekerjaan yang sudah dijalani.

Akan menjadi terbantu sangat terbantu ketika mendapat beasiswa dalam perkuliahan. Membuat lebih fokus pada studi yang dipilih dan harus dijalani hingga selesai. Bagian pembiayaan kuliah menjadi ringan dan tidak perlu terlalu dipikirkan.

Namun bisa terjadi ketika kuliah harus berada di luar kota atau luar daerah. Ada biaya hidup yang juga tidak bisa diabaikan. Kecuali bila di daerah tertentu yang sudah terkenal harga terjangkau untuk makanan, tempat kost dan punya perhatian khusus untuk para mahasiswa atau pelajar.

Akan ada bedanya jika seorang mahasiswa kuliah di daerah sendiri dengan kuliah di luar daerahnya. Di luar daerah, mahasiswa dituntut mau tidak mau hidup mandiri. Meskipun adakalanya di luar daerah masih memiliki saudara yang dapat membantu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan