Yosephin HPsb
Yosephin HPsb

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan Konsentrasi Jurnalistik & Industri Media di Unika Soegijapranata Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Lima Cara Menghapus Racun Rokok di Paru-paru

13 Maret 2018   10:22 Diperbarui: 13 Maret 2018   10:23 569 0 0
Lima Cara Menghapus Racun Rokok di Paru-paru
Ilustrasi: www.bantennews.co.id

Rokok sudah menjadi permen bagi kehidupan para perokok aktif. Rasanya sehari tak menghisap rokok hidup terasa hambar. Teman saya sering mengatakan jika ia tak merokok mulutnya akan terasa pahit. Artinya, merokok sudah menjadi rutinitas yang harus dilakukan setiap hari. 

Mungkin Anda tidak perlu dijelaskan tentang apa itu rokok dan bahayanya. Meskipun bahaya rokok sudah dijelaskan secara luas tetap saja para perokok aktif mengabaikan larangan itu. Jika mengabaikan bahaya rokok, tak jarang perokok aktif akan mengidap berbagai penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Hal ini juga bisa terjadi pada para perokok pasif.

Mengapa? Karena asap rokok yang dihembuskan ke udara tentu akan masuk ke hidung perokok pasif dan menodai paru-paru mereka. Meskipun hanya berupa asap, tetapi asap yang dihembuskan tersebut juga mengandung racun atau nikotin. Meski sudah berhenti merokok, tetap saja sisa racun rokok yang Anda hisap selama ini masih tertinggal.

Saya memiliki seorang teman yang ingin berhenti merokok. Untuk membersihkan paru-parunya, ia sering meminum susu putih dengan harapan bisa normal. Dilansir dari CNNIndonesia ada beberapa cara untuk membuang zat sisa nikotin yang ada di paru-paru Anda.

Menjauh dari Asap Rokok

Untuk meraih paru-paru yang sehat, Anda harus menjaga diri dari asap rokok. Selain itu, jauhkan juga diri Anda terkenan gas karbonmonoksida (CO) yang dibuang oleh asap kendaraan. Lebih baik Anda memakai masker atau apapun yang dapat menutup hidung.

Minum Air Perasan Jeruk Nipis

Selain untuk kecantikan, jeruk nipis juga bermanfaat untuk detoksifikasi. Jeruk nipis menyimpan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan jeruk nipis tersebut dapat menangkal radikal bebas dan menghambat kerja enzim yang mengaktifkan sel kanker. Setelah diteliti, ternyata air hangat dicampur perasan jeruk nipis bisa mengurangi kadar nikotin di paru-paru sebanyak 70%. Oiya, selingi juga aktivitas Anda dengan rutin meminum air hangat ya.

Mengonsumsi  Jahe dan Pepermint

Jahe dan pepermint dianggap ampuh membersihkan paru. Jahe memiliki kandungan zat antiseptik dan antibakteri yang bisa menghilangkan radikal bebas di paru-paru. Kita disarankan untuk minum 2-3 gelas teh jahe dalam sehari untuk menguatkan paru-paru. Pepermint dan minyak pepermint dapat membuat otot saluran pernapasan lebih rileks. Hal ini terjadi karena pepermint mengandung mentol. Disarankan untuk meminum teh pepermint agar paru-paru Anda lebih kuat.

Mengonsumsi Omega-3

Foto: www.sepalika.com
Foto: www.sepalika.com
Khasiat Omega-3 memang tidak diragukan lagi. Asupan Omega-3 dapat memperbaiki fungsi paru-paru serta membersihkan paru-paru. Asupan omega-3 dapat diraih dari makanan laut seperti kepiting, kerang, lobster, tuna dan ikan salmon.

Mulai menanam tanaman hias

Foto: www.english.manoramaonline.com
Foto: www.english.manoramaonline.com
Untuk hal yang satu ini tentu sangatlah tidak sulit. Anda cukup membeli tanaman dan merawat tanaman tersebut. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi lingkungan dan udara di sekitar tempat tinggal Anda. Selain itu, memilik banyak tanaman di pekarangan dapat membuat udara di rumah kita lebih sejuk dan terhindar dari debu polusi.

Ayo mulai memperbaiki gaya hidup dan kesehatan Anda. Langkah kecil ini dapat membantu Anda bahagia di masa tua.

Semoga bermanfaat.