Mohon tunggu...
Yoris Fransiska 366
Yoris Fransiska 366 Mohon Tunggu... -

Love Ginting Munthe

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kenali Warna Feses Anda

24 Maret 2017   14:36 Diperbarui: 24 Maret 2017   14:51 618
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Feses adalah kotoran yang dihasilkan tubuh, keluar melalui usus besar dan akhirnya melewati anus. Feses disebut juga Tinja atau bahasa kerennya Poop. 

Saya pernah punya pengalaman tentang Feses. sewaktu saya masih kecil, saya pernah memakan buah rambai. Memang rasanya nikmat tetapi pengalaman mengerikan ada di balik itu. Karena terlalu asyik makan sampai berlebihan bijinya pun ikut termakan. Yaaa namanya juga anak kecil mana peduli dengan itu semua. Ketika ingin buang air besar, saya merasa kesulitan dan hampir satu jam tak kunjung keluar dari kamar mandi. Saya kesakitan dan bingung kenapa saya sulit "mengeluarkannya". Karena lelah jongkok akhirnya saya memutuskan untuk "mengoreknya" dengan tangan saya sendiri. Tiba-tiba keluar biji buah rambai yang saya makan tadi dan setelah itu feses pun dapat keluar walaupun tidak begitu lancar. saya pun terkejut melihatnya dan warna nya pun sangat aneh bagi saya. Semenjak itu saya tidak mau lagi memakan buah dengan menelan bijinya. Memang agak jorok pengalaman saya tapi itulah pelajaran yang saya dapatkan.

Suatu hari saya membaca buku dan buku tersebut memberikan info bahwa warna feses manusia itu ada maknanya. Nah, sekarang saya akan membagikannya lagi kepada teman-teman sekalian. Semoga dapat bermanfaat.

1. WARNA FESES COKLAT

Jika feses anda berwarna coklat, ini pertanda bagus bahwa anda sedang dalam kondisi yang relatif sehat dan tidak memiliki masalah dalam produksi cairan empedu atau bilirubin.

2. WARNA FESES HIJAU

Feses berwarna hijau dikarenakan waktu transit kotoran yang sangat singkat di usus hal ini akan menyebabkan proses "pewarnaan" kotoran menjadi sangat singkat dan akhirnya menghasilkan warna feses yang kehijauan. Dalam kondisi seperti ini anda bisa mengalami diare bila kondisi tersebut terus menerus dibiarkan. Selain itu kotoran berwarna hijau juga  bisa jadi salah satu indikator dari beberapa jenis infeksi bakteri. Karena peradangan pada usus juga menyebabkan waktu transit kotoran sangat singkat. Feses berwarna hijau juga bisa disebabkan karena anda memang seorang vegetarian, karena zat klorofil yang terkandung dalam daun dan tidak dapat dicerna akan terbawa ikut bersama kotoran saat dikeluarkan.

3. WARNA FESES KUNING

Feses berwarna kuning berarti terdapat banyak kandungan lemak dalam kotoran anda. Dan hal ini tidak baik. Cobalah untuk mengubah pola makan anda secara perlahan, kurangi makanan berlemak. Selain itu feses berwarna kuning juga memiliki aroma atau bau yang sangat kuat dan membuat anda tidak nyaman saat mengeluarkannya.

4. WARNA FESES MERAH

Jika anda melihat feses anda berwarna merah, itu tandanya ada peredaran darah internal pada usus atau area sekitar rektum atau bahkan anus anda. Namun anda jangan terlalu khawatir, karena hal ini bisa saja terjadi setelah anda mengkonsumsi makanan atau minuman berwarna. Walaupun sangat jarang terjadi hal ini juga bisa disebabkan karena  kelebihan produksi cairan empedu sehingga menyebabkan diare yang sangat hebat dan mengakibatkan saluran pencernaan anda mengalami pendarahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun