Mohon tunggu...
Yopi Aris Widiyanto
Yopi Aris Widiyanto Mohon Tunggu... Pena Pendidikan

Pena Pendidikan adalah wadah bagi saya untuk memberitakan kegiatan disekitarnya, selain itu untuk mengerakkan budaya literasi dikalangan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Terkait Virus Corona, Ini Pesan TGH Supardi Ramli Wakabid Keagamaan DPD GPM NTB

27 Maret 2020   15:07 Diperbarui: 27 Maret 2020   15:26 38 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terkait Virus Corona, Ini Pesan TGH Supardi Ramli Wakabid Keagamaan DPD GPM NTB
TGH. Supardi Ramli, S.Pd.I., M.H | dokpri


Penyebaran Virus Corona/Covid-19 yang terus meluas di Indonesia, menjadi keprihatinan seluruh masyarakat.Karenanya tokoh masyarakat, tokoh agama terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menaati peringatan  yang telah dikeluarkan oleh pemerintah baik pusat dan daerah untuk mengurangi penyebaran virus corona covid-19.

Sore tadi penulis silaturahmi ke kediaman TGH. Supardi Ramli, S.Pd.I., MH. Wakil Ketua Bidang Keagamaan Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Marhaenis Nusa Tenggara (DPD GPM NTB).

Obrolan penulis dengan Tuan Guru Bajang ini seputar wabah Virus Corona ditinjau dari segi agama, berikut ini petikan wawancaranya :

YP: Assalamualaikum Wr Wb

TGH: Walaikumsalam Wr Wb, bagaimana kabarnya mas.

YP: Alhamdulillah sehat, Tuang Guru bagaimana kabarnya?

TGH: Alhamdulillah juga sehat mas.

YP: Terkait mewabahnya Virus Corona/Covid 19 ini, apa pesan spritualnya TGH. Supardi Ramli kepada kita semua?

TGH: Virus Corona/Covid 19 ini adalah pesan dan momentum bagi kita semua untuk kembali kepada pesan-pesan ilahiyah, bahwa manusia sungguh sangat lemah dan tidak berdaya ketika tuhan menciptakan makhluk tidak kasat mata ini, tidak ada yang sia-sia dari setiap kejadian, pasti mempunyai hikmah untuk umat manusia untuk kita jadikan pelajaran besar bahwa hanya Allah SWT, Maha segalanya, mari kita terus menata diri, berbenah dan meningkatkan kualitas kehambaan kpd Allah SWT agar setiap kejadian seperti wabah Covid 19 kita jadikan pelajaran agar kita lebih mawas diri, seraya berdoa dan berikhtiar agar Allah SWT cepat mengangkat wabah ini dari kehidupan kita.

YP: Sepeti kita ketahui, begitu khawatirnya kita, akan terjangkit virus ini. Seolah-olah ini adalah jalan kematian untuk kita, yang membuat masyarakat kita begitu cemas. Lantas apa sebaiknya kita lakukan?

TGH: Hanya Allah SWT, sebagai pemegang kunci takdir dan kehidupan manusia, itu menjadi rahasianya. Kita mawas diri, berhati-hati dan mengikuti setiap intruksi resmi pemerintah itu harus. Kematian adalah kepastian, penyebab kematian juga bukan satu-satunya karena Covid 19, masih banyak penyakit-penyakit yang lain yang menjadi sebab kematian selain Corona, bahkan kematian tidak mengenal sehat, sakit, tua, muda dan anak-anak, ketika sudah datang waktunya setiap yang hidup pasti akan mati.

Maka covid 19 ini, meski kita tetap hati-hati dan mengikuti intruksi resmi pemerintah, jangan membuat kita berlebihan atau terlalu pobia terhadap wabah ini, selama kita mengikuti arahan resmi dengan baik maka tidak ada yang harus kita takutkan dan khawatirkan pada Covid19 ini.

YP: Apakah ini peringatan? dan apa ada kaitannya dengan kejadian-kejadian dulu diwaktu zaman Nabi dan Rasul?

TGH: Bisa iya, tidak ada kejadian di dunia ini tanpa sebab, setiap kejadian alam ataupun wabah penyakit Covid 19 ini contohnya maka pasti mempunyai pesan-pesan ilahiyah bila kita pikirkan dengan mendalam. Hubungan tidak langsungnya pasti ada karen pada zaman Nabi-nabi terdahulu juga pernah terjadi wabah-wabah penyakit menular seperti ini.

Bagi manusia2 yang lalai dan jauh dari tuntunan Tuhannya bisa jadi ini adalah peringatan, sama seperti ketika Allah SWT menurunkan bencana kepada suatu kaum para Nabi dan Rasul karena kedurhakaannya pada sang pencipta.

Covid 19 ini bisa jadi juga adalah ujian kepada manusia untuk bersabar seraya terus meningkatkan kualitas kehambaan kita, sama persis seperti ujian Nabi Ayyub dengan penyakit kustanya akan tetapi Allah SWT meninggikan derajatnya karena kesabaran dan rasa penerimaannya terhadap takdir yang Allah SWT pilihkan kepadanya.

YP: Apa hikmah yang kita bisa ambil dari kejadian ini?

TGH: Diantara hikmah besar yang bisa kita ambil dari wabah Covid 19 ini antara lain:
1. Manusia itu lemah dihadapan Tuhan hanya Tuhan yang maha segalanya. Maka dibalik kelemahan kita ini agar kita bisa kembali memperbaiki kualitas kehambaan kita.

2. Wabah ini adalah ujian, maka kesabaran dan penerimaan kita menjadi awal pundi2 kebaikan seraya berikhtiar dan berdoa agar Tuhan cepat mengangkatnya dari kehidupan.

3. Dengan wabah ini mari kita bergandengan dan bekerja sama menghentikan penularannya dengan cara mengikuti intruksi resmi dari pemerintah.

Wabah ini tidak mengenal siapapun, apapun latar belakang kita maka sangat memungkinkan untuk bisa tertular, maka kita semua adalah saudara, mari kita bersama dan bersatu untuk menghentikan penyebaran virus ini dengan tidak terlalu banyak berkegiatan di luar dan di tempat-tempat keramaian. Berdiam diri di rumah untuk sementara waktu lebih baik.

YP: Terima kasih atas nasehat dan himbauan dari TGH. Supardi Ramli, semoga ujian yang kita alami ini segera berlalu sehingga kita bisa beraktifitas kembali seperti biasanya Aamiin.

VIDEO PILIHAN