Mohon tunggu...
Yonga Eky Ramadhan
Yonga Eky Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menuju tak terbatas dan melampauinya

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (21107030143)

Selanjutnya

Tutup

Atletik Pilihan

Beberapa Tips Menghindari Akan Trauma Berenang

15 Juni 2022   11:31 Diperbarui: 15 Juni 2022   11:46 103 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: kajianpustaka.com

Pasti kalian tahu olahraga satu ini, renang merupakan salah satu olahraga yang dapat dijadikan sebuah hobi ketika ada waktu luang. Renang menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat karena memiliki banyak manfaat.

Menurut Muhajir (2004), ia mengartikan renang sebagai olahraga yang menyehatkan, karena hampir seluruh otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang juga meningkat.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa seluruh otot sangat berperan ketika kita sedang berenang, sehingga renang harus dilakukan dengan benar agar manfaat bisa didapatkan. Apabila tidak dilakukan dengan benar maka akan berakibat fatal dan berujung trauma.

Jadi, selain kita tahu cara berenang kita juga perlu tau persiapan yang dilakukan sebelum berenang. Persiapan bisa dilakukan dalam beberapa kegiatan berikut,

Pertama, Melakukan pemanasan tubuh

Pemanasan merupakan hal terpenting ketika hendak melakukan sebuah kegiatan olahraga. Dalam setiap olahraga pemanasan menjadi hal utama untuk dilakukan. Apabila pemanasan tidak dilakukan dalam mengawali sebuah olahraga, maka akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan bahkan fatal.

Sebuah pemanasan dapat berakibat fatal apabila tidak dilakukan. Akibat yang bisa timbul karena tidak melakukan pemanasan bisa berupa cidera, keram, keseleo, dan kecelakaan lain pada tubuh.

Ketika kita akan berenang, hal ini wajib untuk dilakukan. Karena renang mencakup hampir seluruh otot, maka otot harus diregangkan. Apabila tidak melakukan hal tersebut maka akan keram. Ketika keram saat berenang, hal tersebut sangatlah berbahaya. Karena keram saat  berenang dapat menyebabkan otot kaku dan kakipun kaku, sehingga bisa membuat kita tenggelam.

Kedua, latihan pernapasan

Latihan pernapasan dapat dilakukan dengan menahan napas ketika berada didalam air. Hal ini juga penting, karena apabila kita salah dalam melakukan pernapasan maka akan mengakibatkan tersedak air ataupun meminum air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Atletik Selengkapnya
Lihat Atletik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan