Mohon tunggu...
Yolis Djami
Yolis Djami Mohon Tunggu... Dosen - Foto pribadi

Tilong, Kupang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Lais Mafe Ma Mone Anbi Tilong

29 September 2021   20:37 Diperbarui: 29 September 2021   21:19 91 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto sesudah peminangan: dokpri.

 

Lais mafe ma mone anbi Tilong artinya hal ihwal tentang pernikahan di Tilong. Prosesi pernikahan di Tilong memiliki 4 tahap yang tetap. Artinya di setiap pernikahan yang diselenggarakan mesti melalui tahap-tahap itu. Kedua keluarga yang terlibat secara langsung yang menjadi promotor acara tersebut.

Yang menjadi komunikator adalah kedua calon mempelai. Sedangkan komunikannya adalah keluarga masing-masing. Kedua pasangan yang sudah bersepakat untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan memberitahukan ke orangtua masing-masing. Informasi yang diberitahukan adalah tentang keseriusan keduanya.

Inisiatif selanjutnya biasanya berasal dari pihak lelaki yang akan mempersunting seorang perempuan. Dia akan berembuk dengan keluarganya bagaimana mengambil perempuan itu sebagai istrinya. Untuk sampai ke jenjang pernikahan, ada tahapan yang harus mereka lalui. Berikut uraiannya!

Perkenalan

Tahap perkenalan yang dimaksud di sini adalah antarsesama orangtua. Yaitu antara orangtua dari pihak lelaki dan orangtua pihak perempuan. Sebab kedua anaknya telah menjalin hubungan yang serius. 

Maka mereka mempertemukan orangtua masing-masing untuk saling berkenalan. Dan untuk seterusnya bakal menjadi satu keluarga besar.

Kami mengistilahkan situasi di tahap perkenalan ini dengan: Mam pua luman maun luman. Arti harafiahnya adalah hanya makan atau mengunyah sirih dan pinang saja. Sedangkan arti yang lebih mendalam dari frasa itu adalah bicara-bicara lepas atau baomong. Yaitu omong omongan ringan bersahaja sebagai anak manusia dan/atau anggota masyarakat.

Ada tujuan lain yang ingin dicapai di tahap mam pua luman maun luman tersebut. Jadi tidak hanya berkenalan pribadi lepas pribadi antarsesama orangtua. Tetapi mereka juga akan berembuk bersama demi membangun sebuah kesepakatan. Mereka bersama-sama akan menentukan hari peminangan.

Bokan

Bokan adalah kosakata bahasa Timor yang artinya menegur. Bokan biasanya berasal dari pihak keluarga perempuan terhadap keluarga lelaki. Bokan atau teguran itu dilayangkan karena ada ketidakpatutan yang dilakukan. Tindakan yang entah sengaja pun tidak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan