Mohon tunggu...
Yolanda Aryani
Yolanda Aryani Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN jember

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran Filsafat Pendidikan

26 Maret 2020   13:33 Diperbarui: 26 Maret 2020   13:42 7 0 0 Mohon Tunggu...

Aliran Filsafat Pendidikan
Aliran filsafat pendidikan ialah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan yang belum terjawab oleh cabang ilmu yang ada. Adanya filsafat di dunia pendidikan diperlukan untuk mencari hakikat sesuatu yang ada, dan mengaitkan hubungan sebab dan akibat dan berusaha menafsirkan pengalaman-pengalaman kehidupan manusia. Adapun beberapa aliran dalam ilmu filsafat yang digunakan dalam dunia ilmu pendidikan ;
A. Idealisme
Aliran idealisme ialah sebuah aliran yang meyakini atau paham yang ada di dunia tergantung pada jiwa dan roh.  Kata idealisme sendiri di ambil dari kata " idea" sesuatu yang  hadir dalam jiwa. Idealisme memandang bahwa semua yang nyata hanyalah ide.
B. Perenialisme
Arti dari kata ialah abadi  ( tiada akhir). Arti dari kekal  abadi yaitu segala sesuatunya yang ada di sepanjang sejarah dan menjadikan nilai-nilai atau norma sebagai sesuatu yang abadi. Dan maksud dari aliran perenialisme ialah mengajak manusia kembali pada nilai asasi untuk menghadapi permasalahan.
C. Esensialisme
Aliran ini dihasilkan oleh dua pemikiran ahli filsafat yaitu Plato ( idealisme) dan Aristoteles (realisme). Dalam dua pemikiran tersebut terdapat perbedaan yakni pada memberikan dasar di dalam pendidikan yang fleksibel, terbuka dan bertoleransi.


Tokoh Pelopor Filsafat Pendidikan
PLATO, tokoh filsafat Yunani yang aktif berkembang di dunia filsafat dengan mendirikan sekolah khusus akademi menurut Plato ia berpandangan bahwa konsep ide ialah pandangan suatu dunia di balik alam Kenyataan dan sebagai hakikat ilmu yang ada.
ARISTOTELES, usah seorang bapak ilmu ia berpandangan ilmu pendidikan di bangun melalui riset pendidikan arti dari riset sendiri suatu gerak maju dan kegiatan observasi menuju prinsip umum. Ia juga berpandangan  hendaknya sosok ilmuan menarik kesimpulan secara induksi dan deduksi oleh kesimpulan uang diperoleh tersebut.


Tokoh-Tokoh Filsafat dan Hasil Pemikirannya
PLATO, berasal dari Yunani menghasilkan pemikiran yaitu konsep negara ideal dengan 3 kelas. Disini yang dimaksud 3 kelas denagn menggunakan konsep hukum dan keadilan ;
1. Pendidikan yang di berikan pada taruna hingga sampai 20 tahun
2. Dari usia 20 tahun sampai 30 tahun
3. Selanjutnya mulai usia 30 tahun sampai 45 tahun
ARISTOTELES, berasal dari Yunani dengan hasil pemikiran berupa astronimi, ilmu politik dan seni.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x