Raksasa dan Penguasa Bisnis Retail di Italia
- Raksasa Bisnis Retail Italia
Coop Merupakan sebuah Konsorsium yang menyediakan fasilitas bantuan dan dukungan untuk koperasi dengan perdagangan sebagai aktifitas khusus. Tiga karakteristik Coop Adalah :
- Coop menerapkan sistem usaha untuk Pembelian dan pemenuhan produk masyarakat secara bersama-sama (Joint Purchases)
- Coop membatu dan mensupport dalam pemasaran dan komunikasi komersial.
- Coop Merupakan sebuah merek produk (brand Product)
Sebagai sebuah Merek Produk (Brand Product) yang berlaku secara keseluruhan bagi koperasi konsumen di Italia. Coop juga merupakan sistem operasi dari koperasi konsumsi (Business is own by its member) di Itali yang mengoperasikan dan menguasai rantai sistem supermarket di itali. Sistem tersebut dibagi kedalam tiga distrik operasi yang dijalankan oleh koperasi koperasi konsumen di masing-masing distrik. Sebagai contoh di North-west Districik, terdapat Tiga koperasi konsumen besar yang masing-masing melayani lebih dari lima provinsi. Coop merupakan lembaga nasional koperasi konsumen italia yang produknya berbentuk kebijakan yang berguna sebagai payung dan landasan bagi koperasi konsumen dalam menjalankan usahanya. Kebijakan tersebut diimplementasikan kedalam kebijakan manajemen dan standar operasi yang diterapkan yang tentunya Prinsip, Nilai, dan semangat Koperasi menjadi dasar pijakannya.
- Partisipasi dan Demokratis : Anggota : "Coop" berhak menghadiri Rapat Anggota Tahunan di masing masing perwakilan berdasarkan daerahnya masing-masing dan mengambil bagian dalam pengambilan keputusan untuk "Coop" kedepannya
- Information : Informasi seputar "Coop" didistribusikan melalui Majalah Bulanan yang diantar setiap bulan ke rumah masing masing anggota, selain itu pemanfaatan dunia internet juga dimaksilkan guna mmenyampaikan informasi kepada anggota "Coop"
- Selalu manawarkan diskon menarik kepada anggotanya sebagai identitas pembeda yang didapat anggota dengan non anggota.
- Point Keaktifan Belanja : setiap kegiatan belanja yang dilakukan anggota berhak mendapatkan point yang didistribusikan untuk memperoleh Kupon, hadiah atau dialokasikan untuk kegiatan Amal.
- Fasilitas Financial bagi anggota seperti Pinjaman atau kredit anggota, kredit perumahan, dsb
- Harga yang terjangkau dan pellayanan prima yang menjadi hal utama dalam meningkatkan partisipasi anggota
- Wikipedia
- Aldo Soldi, The uniqueness of Consumer Cooperatives : Italian case. President of National Association of Consumer Cooperatives, National Retail Consumer Societ Conference 28 february 2010
Semoga bermanfaat bagi kita dan bagi perkembangan koerasi konsumen Indonesia. Yakinlah pasti kita bisa memiliki koperasi koperasi konsumen skala nasional modern inovatif dan kreatif. - yogatama