Mohon tunggu...
Yogatama Yanuar
Yogatama Yanuar Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

tertarik dengan Gerakan Koperasi. Suka Musik dan Visual Art. yogatama.yanuar@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Money

Raksasa dan Penguasa Bisnis Retail di Italia (koperasi)

27 April 2013   10:44 Diperbarui: 24 Juni 2015   14:31 643
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Raksasa dan Penguasa Bisnis Retail di Italia

  • Raksasa Bisnis Retail Italia

Coop Merupakan sebuah Konsorsium yang menyediakan fasilitas bantuan dan dukungan untuk koperasi dengan perdagangan sebagai aktifitas khusus. Tiga karakteristik Coop Adalah :

  • Coop menerapkan sistem usaha untuk Pembelian dan pemenuhan produk masyarakat secara bersama-sama (Joint Purchases)
  • Coop membatu dan mensupport dalam pemasaran dan komunikasi komersial.
  • Coop Merupakan sebuah merek produk (brand Product)

Sebagai sebuah Merek Produk (Brand Product) yang berlaku secara keseluruhan bagi koperasi konsumen di Italia. Coop juga merupakan sistem operasi dari koperasi konsumsi (Business is own by its member) di Itali yang mengoperasikan dan menguasai rantai sistem supermarket di itali. Sistem tersebut dibagi kedalam tiga distrik operasi yang dijalankan oleh koperasi koperasi konsumen di masing-masing distrik. Sebagai contoh di North-west Districik, terdapat Tiga koperasi konsumen besar yang masing-masing melayani lebih dari lima provinsi. Coop merupakan lembaga nasional koperasi konsumen italia yang produknya berbentuk kebijakan yang berguna sebagai payung dan landasan bagi koperasi konsumen dalam menjalankan usahanya. Kebijakan tersebut diimplementasikan kedalam kebijakan manajemen dan standar operasi yang diterapkan yang tentunya Prinsip, Nilai, dan semangat Koperasi menjadi dasar pijakannya.

1367033146848681620
1367033146848681620
13670333079908584
13670333079908584
Secara Kuantitatif, pada tahun 2009 Secara Nasional Koperasi Konsumen Italia mampu menyerap anggota sebanyak 7.200.000, dan terjadi peningkatan pada tahun 2010 menjadi 7.429.842 masyarakat italia yang menjadi Anggota koperasi Konsumen. Mempekerjakan lebih dari 50.000 karyawan, hal tersebut juga turut memberikan kontribusi pada penurunan tingkat pengangguran masyarakat. Sebagai Komparasi berdasarkan Market Sharenya "Coop" menduduki Peringkat Pertama dengan Nilai sebesar 17% yang diikuti dengan "Conad" sebesar 10%. Conad merupakan salah satu yang terbesar dari Merek Toko Retail dari rantai supermarket di italia. Conad merupakan Bisnis berbasis Koperasi (cooperative system of entrepreneurs). Conad terdiri dari tga struktur "Member entrepreneur" (pemilik dari outlet retail), Cooperatives (Pusat distribusi dan Pusat Perbelanjaan skala Besar), dan "national Consortium" (sebuah layanan dan bisnis berbasis pasar untuk Anggota).
1367033621792504557
1367033621792504557
13670337091878782737
13670337091878782737
Sedangkan Carrefour yang menjadi salah satu market leader dlam bisnis retail di Indonesia, hanya manampati peringkat 4 di bisnis retail italia. Berbagai factor dapat mempengarusi mulai dari kepedulian dan proteksi pemerintah bagi perkembangan bisnis berbasis anggota (koperasi), pemahaman dan pengimplementasian manajemen usaha retail yang baik bisa saja serta brand design untuk membuat koperasi konsumen menjadi bisnis retail modern, kreatif dan inovatif sehingga menciptakan kenyaman anggota dalam berbelanja. Kemajuan koperasi sangat ditentukan oleh seberapa besar prtisipasi anggotanya untuk koperasi tersebut. Dalam manajemen koperasi konsumen, aktifitas anggota dalam berbelanja di toko yang dimilikinya sendiri tersebut menjadi akar bagi pertumbuhan koperasi konsumsi. Pelayanan yang dilakukan Coop sampai saat ini membuahkan hasil, hamper 70% penjulan berasal dari anggotanya sendiri. Terdapat beberapa hal yang menjadi kekuatan yang ditawarkan "Coop" kepada anggotanya yang tentunya berdasarkan Prinsip, Nilai dan jati Diri Koperasi :
  • Partisipasi dan Demokratis : Anggota : "Coop" berhak menghadiri Rapat Anggota Tahunan di masing masing perwakilan berdasarkan daerahnya masing-masing dan mengambil bagian dalam pengambilan keputusan untuk "Coop" kedepannya
  • Information : Informasi seputar "Coop" didistribusikan melalui Majalah Bulanan yang diantar setiap bulan ke rumah masing masing anggota, selain itu pemanfaatan dunia internet juga dimaksilkan guna mmenyampaikan informasi kepada anggota "Coop"
  • Selalu manawarkan diskon menarik kepada anggotanya sebagai identitas pembeda yang didapat anggota dengan non anggota.
  • Point Keaktifan Belanja : setiap kegiatan belanja yang dilakukan anggota berhak mendapatkan point yang didistribusikan untuk memperoleh Kupon, hadiah atau dialokasikan untuk kegiatan Amal.
  • Fasilitas Financial bagi anggota seperti Pinjaman atau kredit anggota, kredit perumahan, dsb
  • Harga yang terjangkau dan pellayanan prima yang menjadi hal utama dalam meningkatkan partisipasi anggota

1367034008493283592
1367034008493283592
13670340661428940414
13670340661428940414
Sumber data Artikel & Foto :
  • Wikipedia
  • Aldo Soldi, The uniqueness of Consumer Cooperatives : Italian case. President of National Association of Consumer Cooperatives, National Retail Consumer Societ Conference 28 february 2010

Semoga bermanfaat bagi kita dan bagi perkembangan koerasi konsumen Indonesia. Yakinlah pasti kita bisa memiliki koperasi koperasi konsumen skala nasional modern inovatif dan kreatif. - yogatama

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun