Mohon tunggu...
ignatio yoga permana
ignatio yoga permana Mohon Tunggu... FISIP UAJY '17

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Digital

Konsep Dasar Multimedia dengan 5 Elemennya

10 Februari 2020   01:03 Diperbarui: 11 Februari 2020   16:45 1059 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konsep Dasar Multimedia dengan 5 Elemennya
multimedia illustration.

Manusia adalah salah satu makhluk sosial dimana dapat melakukan komunikasi kepada sesamannya dengan maksud saling bertukar informasi, ide, gagasan, atau pesan lainnya. Perkembangan zaman yang semakin canggih saat ini, mendukung proses komunikasi manusia secara lebih efektif dan interaktif.

Hal ini saya sampaikan berdasarkan dengan salah satu inovasi yang memudahkan proses komunikasi yaitu multimedia. Jika kita pilah kata "Multimedia"  berasal dari dua suku kata yaitu "multi" dan "media".

"Multi"  sendiri artinya bermacam-macam dan "media" berarti tempat, wadah, sarana atau alat yang selanjutnya digunakan sebagai penyimpan banyak informasi di dalamnya.

Maka jika diasumsikan 'multimedia' berarti wadah atau tempat penyatuan beberapa media yang selanjutnya akan terdefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia.

Dalam buku milik Campbell (2013) berjudul "Multimedia, Photojournalism and visual storytelling" dijelaskan bahwa multimedia merupakan sebuah gabungan atau kolaborasi antara teks, gambar, audio (suara), video, animasi sehingga menciptakan presentasi atau sebuah cerita yang interaktif. Sehingga multimedia menjadi sebuah kesinambungan diantara elemen-elemen yang ada di dalamnya, dimana setiap jenis informasi dapat diandai, disimpan, dikomunikasikan dan ditangani secara digital.

Multimedia hadir seiring adanya sebuah perkembangan digital dan juga perkembangan internet mendorong permintaan untuk konten multimedia. Beberapa elemen yang dijelaskan dalam jurnal pendidikan milik Mark Deuze (vol. 5, 2004)  menjadi konten dalam multimedia adalah sebagai berikut;

1. Teks

Dalam hal ini teks merupakan elemen yang menjadi dasar untuk menyampaikan sebuah informasi, karena teks sendiri adalah jenis data yang paling sederhana dan juga tidak membutuhkan penyimpanan yang cukup besar.

Teks terdiri dari kumpulan huruf, angka, dan simbol tertentu yang digunakan untuk mempresentasikan data sebagai sebuah informasi yang disampaikan.Sehingga dalam hal ini teks merupakan salah satu cara yang efektif dalam menyampaikan ide atau gagasan kepada pengguna media, maka penyampaian informasi akan juga mudah dimengerti oleh masyarakat karena teks pada multimedia dapat menampilkan lebih dari satu format.

Salah satu menjadi kelebihan teks sebagai elemen multimedia adalah terdapat jenisnya yang disebut sebagai hypertext atau jenis teks yang memberikan alamat (link) informasi lainnya.

2. Gambar

Sangat bermanfaat untuk mengilustrasikan informasi yang tentunya akan disampaikan terutama sebagai salah satu cara bentuk informasi yang tidak dapat dijelaskan menggunakan elemen teks atau kata-kata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN