Mohon tunggu...
Yoga Abi Zakaria
Yoga Abi Zakaria Mohon Tunggu... Mahasiswa Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pemberdayaan Cinta Lingkungan Melalui Jelajah Alam

13 Juli 2019   09:20 Diperbarui: 13 Juli 2019   15:42 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pemberdayaan Cinta Lingkungan Melalui Jelajah Alam
dokpri

Siswa SD Negeri Sambigede 3 Melalui Jelajah Alam dengan tema "Lingkunganku, sahabatku"

Untuk meningkatkan kepedulian cinta lingkungan perlu diajarkan sejak dini, Mahasiswa KKN Sambigede melakukan kegiatan berupa pemberdayaan cinta lingkungan melalui jelajah alam di SDN Sambigede 3. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar dengan dikemas dalam jelajah alam yang menarik bagi siswa SD. 

Adanya kegiatan ini, diharapkan siswa dapat belajar akan lingkungan sekitar secara langsung sambil bermain. Mahasiswa KKN Sambigede membuat konsep jelajah alam dengan menggabungkan materi-materi IPA serta Kepramuka dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dimulai pada jam 7 pagi dengan diawali kegiatan apel pembukaan yang dipandu oleh mahasiswa KKN.  Tujuannya adalah untuk meningkatkan cinta lingkungan sekitarnya, siswa diajak mengumpulkan sampah yang berserakan di sepanjang rute jelajah alam. 

Mahasiswa KKN UM memiliki konsep jelajah alam sambil diselingi pelajaran seperti mengenal daun-daun yang ada disekitar yang menyenangkan. Kegiatan ini dikemas dengan adanya kegiatan outbond yang berupa estafet rafia, estafet karet, dan yang terakhir adanya estafet tepung diakhir kegiatan tersebut. 

Tujuan dari kegiatan outbond tersebut adalah dapat meningkatkan kerjasama dan komunikasi antara sesama anggota regu. Kegiatan ini berakhir pada jam 12 siang dengan ditutup oleh kegiatan pembangian hadiah bagi para pemenang.

Menurut salah satu regu yang mengikuti jelajah alam mengungkapkan kegembiraannya mengikuti kegiatan ini yang mengatakan bahwa " Seru sekaliii kak, apalagi pada saat estafet tadi bajuku kena tepung semua". Menurut Anita Rahmawati selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa "harapan saya dengan adanya kegiatan cinta lingkungan melalui jelajah ala yang dilakukan secara beregu ini adik-adik dapat menerapkan Dasa Dharma ke-2 yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama manusia"