Mohon tunggu...
YL Sukestiyarno
YL Sukestiyarno Mohon Tunggu... Dosen - Dosen UNNES

Saya adalah seorang dosen pendidikan Matematia. Hobby olah raga main tenis, juga menulis karya ilmiah, Kepribadian pekerja keras.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengabdian Masyarakat "Difusi dan Pengembangan E-Modul bagi Guru-guru MGMP Matematika Semarang"

2 Desember 2022   12:10 Diperbarui: 2 Desember 2022   12:26 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Guru-Guru MGMP Semarang (Dokpri)

Dalam proses belajar mengajar, diperlukan berbagai sarana dan fasilitas penunjang untuk menjamin terlaksana serta berhasilnya penyampaian materi pembelajaran dari guru kepada siswa. Salah satu fasilitas penunjang tersebut adalah adanya modul/bahan ajar yang dibuat oleh guru untuk memudahkan peserta didik memahami dan mempelajari materi ajar yang diberikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi, saat ini memungkinkan para pendidik untuk membuat modul materi pembelajaran digital dalam bentuk E-Modul. Dengan menggunakan E-Modul, pengajar dapat memasukkan audio, video, dan animasi, sehingga diharapkan dapat lebih menarik minat peserta didik untuk mempelajari dan menyelesaikan materi ajar, serta proses belajar mengajar dapat berjalan lebih interaktif.

Berangkat dari hal tersebut, maka pada hari Sabtu tanggal 19 November 2022 yang lalu, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Semarang yang beranggotakan Prof. Dr. YL. Rer.nat. YL. Sukestiyarno, Prof. Dr. Kartono, M.Pd, Prof. Dr. Isti Hidayah, M.Pd. Anggy Trisnawan Putra, S.Si, M.Si, Dani Kusuma, Setiyani, Grifit Afif melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan Pembuatan E-Modul untuk Guru-guru MGMP Kota Semarang. Bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan tersebut yaitu Prof. Dr. Isti Hidayah, M.Pd dan Anggy Trisnawan Putra, S.Si, M.Si, yang menyampaikan materi berupa teknik-teknik pembuatan E-Modul menggunakan Software Flip PDF Professional disertai juga dengan teknik publikasi E-Modul yang telah dibuat. Bantuan media dan bahan ajar  membantu siswa memahami matematika, namun tidak dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh (daring). Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra, ditawarkan solusi aspek pembelajaran melalui pendampingan  menggunakan E-Modul untuk pembelajaran.

Antusiasme para Guru MGMP dalam Mengikuti Pelatihan (Dokpri)
Antusiasme para Guru MGMP dalam Mengikuti Pelatihan (Dokpri)

Kegiatan diikuti oleh para pengurus Guru-guru MGMP Semarang berjumlah 15 orang. Ikut hadir juga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut beberapa orang mahasiswa.  Para peserta pelatihan mengikuti dengan penuh antusias pelaksanaan kegiatan dari awal sampai dengan akhir pelatihan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun