Pendidikan yang menjadi objek bahasan ini akan dikaji melalui perspektif filsafat. Buku ini memberikan komprehensip serta argumentatif tentang nilai-nilai kebijaksanaan dan moral yang memang menjadi hakikat dari filsafat. Â
Karena mencari kebenaran yang sesungguhnya adalah ciri dari filsafat, karena itu buku ini berusaha mencari kebenaran tentang apa itu pendidikan dan bagaimana seharusnya pendidikan dilaksanakan?Â
Melihat kondisi bangsa yang semakin hari semakin melenceng dari prinsip-prinsip kebenaran dengan menyalahkan yang benar dan membenarkan yang salah dan tidak ada batasan antara halal dan haram. Bahkan para cendekiawan pun sudah sulit membedakan mana yang bermoral dan aman yang tidak. Lantas, apaakah moralitas bangsa ini bisa dipertanyakan?
Buku ini akan mengurai masalah yang dihadapkan kepada kita semua, mencarikan solusi yang bisa menghilangkan atau paling tidak mengurangi berbagai fakta negatif tersebut. Dalam buku ini penulis menjelaskan bahwa untuk memulainya kita harus berangkat dari pola pendidikan, karena pendidikanlah yang menjadi tameng untuk melahirkan manusia-manusia yang bermoral. ada apa dengan pendidikan? dalam hal ini penulis berusaha memberikan gambaran yang detail dan deskripsi yang sistematis untuk menjelaskan bagaimana kondisi pendidikan di negara ini.
Buku ini memiliki banyak kelebihan diantaranya sistematika buku yang memberikan penjelasan secara mendasar dan kompleks. Detail buku yang menejelaskan secara ringan dan mudah dipahami. Kekurangan dalam buku ini terletak pada sampul yang dikemas kurang menarik minat pembaca . So, jika kalian ingin bermoral, jadikan buku ini sebagai kaca benggala.
Judul buku : Filsafat Pendidikan
Penulis buku : Suparlan Suhartono, M.Ed., Ph.D.
Penerbit buku : AR-RUZZ MEDIA
Cetakan : IVÂ
Tebal : 199
Tahun terbit : Januari, 2009
 Review buku filsafat pendidikan oleh Suparlan Suhartono, M.Ed., Ph.D.Â