Mohon tunggu...
Yenny Indah Susanti
Yenny Indah Susanti Mohon Tunggu... Guru - guru

hobi memasak / konten pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Motivasi Peserta Didik pada Materi Biologi Bersifat Abstrak dengan Model Pembelajaran Projek Based Learning

6 Desember 2022   10:00 Diperbarui: 6 Desember 2022   10:06 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang  makhluk hidup . Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting bagi peserta didik. materi biologi dianggap sulit bagi peserta didik  salah satunya karena materi biologi sangat komplek dan abstrak sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam pembelajaran. Latar belakang masalah dari pembelajaran ini antara lain: 1. Peserta didik kurang termotivasi pada proses pembelajaran, 2. Peserta didik masih kurang percaya diri untuk berdiskusi, 3. Peserta didik malas mengerjakan tugas, 4. Hasil belajar peserta didik masih rendah, 5. Guru masih menerapkan metode ceramah dan 6. Guru belum optimal menggunakan media pembelajaran.

Pembelajaran inovatif menggunakan model pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) penting untuk dibagikan karena banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain.

Berperan sebagai guru yang mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan model pembelajaran PJBL dan media pembelajaran konkrit pada materi kelainan/ gangguan fungsi sistem pencernaan makanan pada manusia sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada  materi kelainan/ gangguan fungsi sistem pencernaan makanan pada manusia sesuai yang diharapkan.

Tantangan pada pada pembelajaran yang di hadapi oleh guru adalah

1. Peserta didik minat dalam memecahkan bermacam- macam masalah pada saat pembelajaran

2. Peserta didik tekun dalam mengerjakan tugas

3. Peserta didik ulet menghadapi kesulitan

4. Peserta didik senang belajar mandiri

5. Hasil belajar peserta didik diatas KKM

6. Guru menggunakan model pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran PJBL

7. Guru menggunakan e LKPD

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun