Mohon tunggu...
Yenni Nora Armiati
Yenni Nora Armiati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Never give up

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perjalanan Awal Seorang Guru Penggerak-Refleksi Pertama

4 November 2022   20:46 Diperbarui: 4 November 2022   21:05 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

                                                           JURNAL REFLEKSI MINGGUAN 

                                                           CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 MODUL 1.1.a.9

Oleh YENNI NORA ARMIATI, S. Pd

Mulai hari Kamis, 20 Oktober 2022 saya mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 melalui ruang SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan). Ada banyak kegiatan atau peristiwa yang saya ikuti. Program ini menganut sistem pembelajaran orang dewasa, artinya saya dituntut harus belajar mandiri untuk mendalami materi dari modul-modul yang dituangkan dalam LMS (Learning Management System). Di dalam LMS tersebut tersedia materi Program Pendidikan Guru Penggerak berupa modul berikut jadwal kegiatan yang terdiri atas beberapa sub kegiatan. Tiap bagian berisi materi tugas yang harus diselesaikan sampai batas waktu yang ditentukan.

Tugas dari Calon Guru Penggerak CGP salah satunya adalah membuat jurnal refleksi dwi mingguan. Pada minggu pertama, refleksi yang harus dilakukan mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara KHD dalam pembelajaran.

Ada beberapa macam cara/metode 4F dalam menuliskan refleksi salah satunya adalah yang akan saya gunakan dalam melakukan refleksi minggu pertama. Untuk refleksi minggu 1, saya menggunakan model 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yang terdiri dari 4 tahap yaitu:

FAKTA/PERISTIWA

Program Guru Penggerak angkatan 5 dibuka perdana oleh Menteri Kemdikbudristek, Nadiem Anwar Makarim B.A. M.B.A dan PLT Dirgen GTK, Prof. DR. Nunuk Suryanil, M. PD pada hari Kamis, 20 Oktober 2022 melalui video conference. Pada hari berikutnya Jumat, 21 Oktober 2022 seluruh CGP mengerjakan pretest di LMS dan mempelajari tahapan mulai dari diri pada modul 1.1.

Lokakarya Orientasi pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 bertempat di ruang pertemuan SMA Muhammadiyah Wonosobo yang dibuka oleh Drs.Tono Prihantono,  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Wonosobo serta Darmadi, S. Pd, M. Pd Kepala Balai Besar Guru Pengerak Jawa Tengah.

Dalam kegiatan tersebut selain kehadiran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 7 juga mengundang Para Pengawas dan Kepala Sekolah masing-masing, kemudian peserta dibagi ke dalam 10 Kelas dengan beberapa kelompok yang terdiri dari 12 peserta CGP. Para peserta CGP bersama Pengajar Praktik dan Fasilitator membersamai kami dalam kegiatan yang sangat kooperatif dan menyenangkan sehingga peserta tidak merasa bosan. Banyak kegiatan positif yang dilakukan seperti bermain games, membuat kesepakatan kelas, mempresentasikan harapan / kecemasan menjadi CGP.

Selama dua minggu kami melakukan kegiatan individu belajar mandiri di LMS dan belajar bersama dengan CGP lain yang di dampingi oleh Fasilitator, Instruktur maupun Pengajar Praktik. Kegiatan diakusi kelompok dilakukan melalui Google Meet pada hari Kamis, 27 Oktober 2022 dan dipresentasikan secara online pada hari Jumat, 28 Oktober 2022. Apa yang sudah kita pelajari dan didiskusikan dalam kelompok selanjutnya kemudian didokumentasikan / membuat karya menjadi sebuah demonstrasi kontekstual yang saya wujudkan menjadi sebuah infografis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun