Mohon tunggu...
Yeni ApitaSari
Yeni ApitaSari Mohon Tunggu... Pemuda kahfi

Terus belajar manjadi baik

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa KPM Mandiri Unipdu Jombang Ajak Remaja Desa Manfaatkan Sampah Kertas dan Kreasi Ecobrick

20 September 2020   15:27 Diperbarui: 20 September 2020   15:41 2 1 0 Mohon Tunggu...


Bertempat di balai desa Karyasakti kecamatan Abung Surakarta, Lampung Utara, mahasiswa Unipdu yang sedang melasanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri (KPM-M) di desa karyasakti mengajak para remaja meningkatkan kreativitas dengan memanfaatkan sampah kertas. acara tersebut dihadiri oleh remaja tingkat SLTP/SLTA. (29/08/2020). 

Acara yang dimulai pukul 09:00 wib tersebut dibuka dengan perkenalan,  Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan praktik pemanfaatan sampah kertas menjadi barang-barang yang berguna, dari sebagai hiasan dinding dll.  Bahan-bahan yang digunakan terbilang murah dan mudah ditemukan di sekitar masyarakat, yaitu berupa kertas koran, lem tembak, kaset cd bekas, benang untuk pengait serta beberapa kertas warna.

Indah (16) yang turut menjadi peserta pelatihan mengatakan merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut karena sangat bermanfaat, bahan-bahannya tersedia disekitar sehingga gampang dipraktikkan.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas remaja dengan memanfaatkan sampah kertas menjadi barang-barang yang berguna, dari sebagai hiasan dinding hingga bernilai jual. selain itu, juga diharapkan bisa mendorong dan menumbuhkan minat remaja setempat memiliki ide usaha.

dokpri
dokpri
Keesokan harinya, bertempat di ruang Pondok Pesantren Miftahul Huda Karyasakti mahasiswa Unipdu peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri (KPMM) mengajak santriwati meminimalisir sampah plastic dengan kreasi ecobrick. acara tersebut dihadiri oleh beberapa santriwati Miftahul Huda (30/08/2020).

Ecobrick merupakan metode untuk meminimalisir sampah dengan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah an-organik hingga benar-benar keras dan padat. Kegiatan tersebut dimulai pukul 13.00 WIB, dengan memberikan penjelasan dan contoh bagaimana cara pembuatan ecobrick dengan baik oleh mahasiswa KPMMandiri kepada santriwati PP Miftahul Huda.

Santriwati tampak sangat antusias dalam kegiatan tersebut. Pelatihan Ecobrick ini diharapkan  mampu meningkatkan kesadaran dan kepedulian santri terhadap banyaknya sampah yang ada di lingkungan pondok khususnya yang belum dikelola dengan baik karena penggunaan sampah plastic yang semakin terkumpul banyak setiap harinya.


kegiatan  ini mendapat dukungan dari Bapak Susilo selaku Lurah Karyasakti dan Pengasuh PP Miftahul Huda Bapak Ahcmad Nur Huda serta diikuti dengan sangat baik oleh para Santriwati Miftahul Huda

#KPMMandiriUnipdu2020
“Peningkatan Kreativitas Remaja Desa Karyasakti dengan Memanfaatkan Sampah Kertas dan Kreasi Ecobrick- Yeni Apita Sari 3117018 Administrasi Bisnis”

VIDEO PILIHAN