Mohon tunggu...
Yehezkiel DesNoel
Yehezkiel DesNoel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Univesitas Diponegoro

Peserta KKN Tematik Undip X Unicef

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Melaksanakan Kegiatan Edukasi Hoaks dan Manfaat Vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Mangunharjo

27 November 2021   19:30 Diperbarui: 27 November 2021   19:32 25 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang, Selasa (27/11/2021) ­– Pandemi COVID-19 Masih menjadi sesuatu yang banyak dikhawatirkan oleh masyarakat Indonesia, dengan gelombang ke dua yang sudah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu masyarakat masih merasa khawatir dan merasa belum bisa beraktivitas secara normal seperti sebelum pandemi. 

Oleh karena itu dari pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok (Herd Immunity). Namun sangat disayangkan bahwa masih banyak hoax atau berita bohong mengenai vaksin, diantaranya yang sering ditemui adalah bahwa vaksinasi COVID-19 berbahaya dan menyebabkan kematian. 

Bahkan terdapat berita bohong juga yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 mengandung Microchip yang berbahaya bagi tubuh manusia. Hal tersebut mengakibatkan banyak masyarakat yang menjadi ragu untuk mendapatkan vaksin COVID-19 yang berujung pada terhambatnya program percepatan vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah.

Universitas Diponegoro bekerjasama dengan UNICEF mengadakan program KKN Tematik dengan tema “Sinergisitas Antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDG’s Melalui Percepatan Vaksinasi Serta Pencegahan Penularan COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah. KKN Tematik ini bertujuan untuk membantu dalam percepatan vaksinasi COVID-19 dan juga membantu pencegahan penularan COVID-19 di masing – masing wilayah peserta KKN. KKN Tematik ini diikuti oleh lebih dari 250 Mahasiswa Undip yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu peserta atau Mahasiswa KKN Tematik yang bernama Yehezkiel Des Noel dari program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat angkatan 2018 melaksanakan program Edukasi Hoax dan Manfaat Vaksin COVID-19 dengan sasaran wilayah di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Mahasiswa yang akrab di sapa Noel melakukan edukasi dengan menggunakan brosur yang berisi informasi mengenai Hoax dan Fakta COVID-19 serta Manfaat Vaksinasi COVID-19.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
“Dengan banyaknya Hoax yang beredar di masyarakat mengakibatkan perlunya edukasi terhadap informasi yang beredar, sehingga saya memutuskan untuk membawa program edukasi Hoax dan fakta serta manfaat dari Vaksin COVID-19”

Selain membawakan program edukasi, Noel juga melakukan tutorial atau cara membuat Hand Sanitizer sesuai dengan rekomendasi WHO. Tutorial dilakukan dengan cara penyebaran video pembuatan Hand Sanitizer kepada warga melalui grup Whatsapp.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
“Dengan adanya tutorial atau cara pembuatan Hand Sanitizer ini saya harap masyarakat dapat membuat Hand Sanitizer secara mandiri untuk dapat mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara mencuci tangan menggunakan Hand Sanitizer ketika bepergian dan kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan sabun”

Penulis: Yehezkiel Des Noel (Kesehatan Masyarakat – Fakultas Kesehatan Masyarakat)

DPL: Dr. Adi Nugroho, M.Si

Lokasi KKN: Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan