Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Quartararo Menangi MotoGP Seri Doha, tapi Zarco dan Jorge Martin Luar Biasa

5 April 2021   02:53 Diperbarui: 5 April 2021   04:22 174 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Quartararo Menangi MotoGP Seri Doha, tapi Zarco dan Jorge Martin Luar Biasa
Duo rider Pramac Ducati yang tangguh di Qatar (dok.motogp.com)

MotoGP seri kedua yang berlangsung di Losail Qatar hari ini sungguh jadi balapan yang seru dan mendebarkan. Sepanjang 22 lap, DohaGP menyajikan balapan seru di mana para pembalapnya saling berebut posisi selama balapan. 

Fabio Quartararo menjadi pemenang di seri Doha. Johann Zarco menempati podium kedua dan Jorge Martin melengkapi di podium ketiga.

Jorge Martin menjadi pembalap yang paling ditunggu kiprahnya setelah meraih pole position pada sesi kualifikasi. Ia yang merupakan pendatang baru di kelas MotoGP, membawa Pramac Ducati menjadi tim yang patut diperhitungkan. Terbukti kedua pembalapnya berdiri di podium mala mini.

Pembalap yang paling banyak dibicarakan malam ini adalah Valentino Rossi. Hasil FP 1 sampai 3 tak membuahkan hasil baik untuknya. Rossi terpaksa menjalani kualifikasi dari Q1. Ia tak lolos ke Q2 dan harus memulai balapan dari posisi 21, posisi kedua dari belakang. Posisi ini adalah posisi start terburuk sepanjang karirnya di balapan primer.

para rider yang happy di podium (dok.motogp.com)
para rider yang happy di podium (dok.motogp.com)
Entah apa yang terjadi dengan tunggangannya. Saat berkomentar, Rossi hanya bilang bahwa ia tidak cukup cepat dibandingkan pembalap lain. Raihan ini membuat tanda tanya besar mengenai performa Rossi di musim ini. Tapi.. saya santai saja. Dari awal memang tak berharap banyak dengan hasil yang diraih Rossi.

Praktis Petronas SRT hanya menjadi penonton dari pertempuran Ducati melawan Yamaha dan Suzuki. Karena Franco Morbidelli pun kehilangan taji, meski hasilnya lebih baik dari Rossi. Rossi finis ke 16 dan Morbidelli finis ke 12. Ini baru seri kedua, kita  lihat di seri-seri selanjutnya.

Persaingan Ketat Sepanjang Balapan

Jorge Martin mengawali balapan dengan start sempurna diikuti Zarco di belakangnya. Oliveira yang memulai balapan dari posisi 12 langsung menyodok ke urutan tiga. Lap kedua, Aleix Espargaro memaksa Oliveira turun posisi. Martin, Zarco dan Aleix Espargaro menempati posisi top 3.

pemenang seri Doha (dok.motogp.com)
pemenang seri Doha (dok.motogp.com)
Lap ketiga Alex Rins lewati Aleix dari sebelah dalam. Rins di posisi 3 sekarang, bersaing ketat dengan Zarco yang jaraknya rapat. Lap keempat Bagnaia catat fastest lap 1:54:951. Sementara Rins berhasil lewati Zarco buat posisi 2. Zarco tak mau menyerah dan saling salip dengan Rins. Namun Rins belum goyah dari posisi dua.

Lap keenam, Rins malah mengejar Martin di posisi terdepan. Nyaris saja Martin kena salip tapi martin cerdas menutup racing line. Masuk lap ketujuh, Zarco mempecundangi Rins di trek lurus. Zarco posisi dua sekarang. Bagnaia catat fastest lap lagi, sementara ia di posisi empat.

Lap kedelapan, Rins kembali melawan Zarco dan berhasil naik ke posisi dua. Jorge Martin masih getol memimpin balapan tapi Rins menempel ketat. Lap kesepuluh Zarco ogah diasapin Rins dan memaksa Rins turun ke posisi 3. Aleix Espargaro melambat dan mudah saja di lewati Bagnaia. Posisi saat ini adalah Martin, Zarco, Rins, Bagnaia, Miller, Mir dan Aleix.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x