Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Terpikat Anggur Laut nan Nikmat dari Kepulauan Kei

16 Oktober 2019   10:21 Diperbarui: 16 Oktober 2019   17:47 0 11 8 Mohon Tunggu...
Terpikat Anggur Laut nan Nikmat dari Kepulauan Kei
anggur laut (dok.pribadi/yayat)

Sepintas bentuknya terlihat seperti anggur namun bulirnya kecil-kecil. Warnanya hijau daun dan mengkilat diterpa cahaya. Dalam satu batang terdapat banyak buliran kecil berisi cairan. Tanaman ini disebut anggur laut atau Caulerpa racemosa. Di beberapa daerah penyebutan nama bisa berbeda, namun di Kepulauan Kei Maluku Tenggara, anggur laut disebut lat.

Mata saya tertumbuk pada wadah kaca besar berisi sayuran hijau berbulir dengan parutan kelapa di atasnya. Menu ini dihidangkan sebagai salah satu menu makan siang ketika saya dan teman-teman baru tiba di kota Langgur Kepulauan Kei Maluku Tenggara. Bapak Bupati Maluku Tenggara Thaher Harubun menjamu saya dan teman-teman untuk makan siang di rumahnya. Anggur Laut menjadi salah satu suguhannya.

Saya segera mengambil sepiring anggur laut yang dicampur dengan urap kelapa. Buliran kecil anggur laut yang renyah meletus di dalam mulut mengeluarkan cairan yang terasa asin ketika dikunyah. Tentu asin karena anggur laut, sesuai namanya adalah jenis tanaman laut sejenis rumput laut. Urap kelapa dengan bumbu bawang dan cabai membuat rasa anggur laut menjadi lebih nikmat. Ada rasa pedas-pedasnya.

Saya langsung memasukkan anggur laut menjadi menu favorit saya di Langgur Kepulauan Kei. Ini makanan yang luar biasa enak. Makan sepiring plus sepiring (jadinya 2 piring) anggur laut sudah membuat perut kenyang. Porsi makan saya banyak? Tentu tidak.. saya memakan anggur laut tanpa nasi lagipula ukuran piringnya kecil kok (alesan).

urap anggur laut nikmat (dok.pribadi/yayat)
urap anggur laut nikmat (dok.pribadi/yayat)
Anggur Laut Sarat Manfaat
Anggur laut adalah tanaman laut sejenis alga. Anggur laut punya banyak manfaat. Kandungan nutrisinya membuat kuat tulang dan sendi, menjaga kesehatan mata, mengatasi diabetes dan hipertensi, menjaga kesehatan rambut dan kulit, anti kanker dan banyak lagi manfaat lainnya.

Kepulauan Kei Maluku Tenggara yang dikelilingi lautan punya banyak kekayaan laut, salah satunya anggur laut atau lat. Tanaman ini tumbuh liar di dalam laut. Masyarakat Kepulauan Kei memetiknya lalu menjualnya ke pasar Langgur atau dikonsumsi sendiri.

Namun anggur laut tak selalu ada setiap hari. Jika anggur laut sudah dipanen, maka anggur laut butuh beberapa waktu untuk tumbuh lagi. Masyarakat membiarkan anggur laut sampai siap panen, baru kemudian dipetik. Merawat alam adalah keharusan. Semakin alam dirawat, semakin banyaklah ia memberi manfaat.

menu favorit sarat gizi (dok.pribadi/yayat)
menu favorit sarat gizi (dok.pribadi/yayat)
Saya cukup beruntung mengunjungi Kepulauan Kei ketika anggur laut sedang banyak. Di pasar Langgur, ada beberapa penjual anggur laut. Ketika saya sambangi pasar ini kemarin, saya happy melihat tumpukan anggur laut di atas piring. Anggur laut dijual dengan harga murah sekali. Hanya sepuluh ribu rupiah per piring, kalau kita membeli 3 piring malah harganya lebih murah. Rp 20 ribu untuk 3 piring. Tak perlu keluar uang banyak untuk membeli makanan sehat.

Cara memasak anggur laut mudah saja. Setelah dibeli atau dipetik, anggur laut dicuci bersih. Lalu campurkan dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai dan air jeruk nipis. Setelah dicampur bumbu, anggur laut bisa segera dikonsumsi. Cara lain, bisa dibuat bumbu urapan kelapa. Lalu urapan kelapa dicampurkan dengan anggur laut yang sudah dicuci bersih. Anggur laut siap menjadi menu bergizi. Iya segampang itu.

Ini cara yang biasa dilakukan oleh masyarakat Langgur dalam mengonsumsi anggur laut atau lat. Di daerah lain mungkin caranya beda lagi. Seorang teman di Buleleng Bali bilang, ia biasa menyantap anggur laut dengan kuah pindang. Dimakan sebagai pendamping nasi hangat... wuihhhh.. rasanya nikmat sekali.

mamak penjual anggur laut di pasar Langgur (dok.pribadi/yayat)
mamak penjual anggur laut di pasar Langgur (dok.pribadi/yayat)
Anggur laut kerap dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang mengunjungi Kepulauan Kei. Karena tak semua daerah punya anggur laut. Bahkan kota Ambon yang ditempuh selama 1 jam 20 menit naik pesawat, juga tak terdapat anggur laut. Makanya anggur laut Kepualuan Kei kerap juga dikirim ke Ambon dan menjadi menu di beberapa rumah makan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2