Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Saya Blogger dan Ini Cara Saya Supaya Dapat THR

11 Mei 2019   19:31 Diperbarui: 11 Mei 2019   19:31 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
all about money (dok.freepik.com)

Ramadan dan Lebaran adalah dua momen besar yang patut disambut dengan suka cita. Ini kesempatan untuk  beribadah dengan sebaik-baiknya dan mencari pahala sebanyak-banyaknya. Namun bulan Ramadan dan Lebaran membuat pengeluaran makin besar karena banyaknya keperluan dalam menjalani puasa dan menyambut Lebaran. Yaaa untuk memasak selama bulan puasa, beli baju Lebaran sampai beli kue Lebaran. Keluar duitnya lumayan gede.

Untuk mereka yang bekerja kantoran, cukup happy karena bulan ini dapet uangnya dobel.. yaitu dari gaji dan dari THR. Lumayan banget yaaa ada tambahan dana buat beli keperluan Lebaran. Untuk mereka yang mudik saat Lebaran, THR pastinya sungguh bermanfaat buat biaya mudik dan jalan-jalan di liburan Lebaran. Tapi.. bagaimana dengan profesi freelancer atau pekerja lepas yang nggak dapat THR?

Saya menjalani profesi Blogger sepenuhnya sejak pertengahan 2016. Saya putuskan keluar dari pekerjaan saya di sebuah perusahaan biro perjalanan wisata yang nyaman dan dapat uang bulanan. Kenapa saya resign? Karena kondisi yang nyaman ternyata menuntut saya mengorbankan banyak hal... salah satunya soal waktu.

Ketika memutuskan keluar dari kerja kantoran dan menggeluti profesi blogger yang sebelumnya cuman jadi pekerjaan sampingan, saya pernah merasa ragu. Nanti gimana dapet duit buat memenuhi kebutuhan sehari-hari? Gimana membiayai anak sekolah? Nanti nggak bisa jalan-jalan lagi dong? Dan seterusnya. Tapi karena saya yakin rezeki dari Tuhan selalu ada, saya tinggalkan kantor dengan rasa optimis.

waduhhh dompet kosong (dok.freepik.com)
waduhhh dompet kosong (dok.freepik.com)
Bersyukurnya memang saya bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan penghasilan sebagai blogger. Awalnya memang sulit tapi setahap demi setahap kondisi keuangan mulai stabil. Tak besar namun bersyukur kebutuhan saya dan anak-anak tercukupi tanpa kendala. Untuk urusan jalan-jalan Alhamdulillah masih bisa saya lakoni.. malah sebagian besar saya lakukan dengan gratis.

Tiba saat saya menjalani Ramadan dan Lebaran pertama kali tanpa THR. Blogger nggak ada THR nya kan. Jangankan THR, tiap bulan aja besaran penghasilannya nggak sama. Mumet juga awalnya karena nggak ada tambahan uang untuk Lebaran. Jujur pertama kali menjalaninya, saya cukup kacau mengatur keuangan. Saya pangkas beberapa pengeluaran agar cukup dengan uang yang saya punya. Jumlah baju Lebaran untuk anak-anak saya kurangi, saya sendiri malah nggak beli baju Lebaran. Nggak apa.. yang penting ada baju hasil endorsan (eh).

Karena saya kudu mudik saat Lebaran, maka uang untuk biaya mudik mengambil jumlah yang cukup besar. Saya harus mudik karena ada ayah yang harus saya sambangi di Jogja sana. Saya mudik tak menggunakan kereta api, karena nggak pernah kedapetan tiket, jadi kebayang kan berapa besar biayanya. Namun memandang wajah ayah yang happy didatangi cucu-cucunya membuat saya rela mengeluarkan banyak biaya.

Lebaran sudah lewat.. mulai dari nol lagi yaaaa. Nol... posisi keuangan saya ketika itu. Tapi saya tak akan mundur dari pekerjaan blogger dan maju terus pantang mundur.. merdekaaaaa. Kemudian inilah saya.. sampai detik ini masih berprofesi sebagai blogger yang nggak dapet THR kalo Lebaran. Namun sekarang kondisi saya jauhhh lebih baik dari kondisi dulu itu. Bukan karena dapet penghasilan lebih besar, namun karena saya sudah tahu bagaimana mengatur keuangan saya yang nggak dapat THR ini, saat Lebaran.

hitung pengeluaran dengan cermat (dok.freepik.com)
hitung pengeluaran dengan cermat (dok.freepik.com)
Kerja Keras Sebelum Ramadan

Setiap kalender berganti, saya selalu cek kapan Lebaran. Setelah tahu bulan jatuhnya Lebaran, saya berstrategi harus mendapat uang sekian setiap bulannya. Jumlah uang yang saya targetkan adalah uang untuk keperluan sehari-hari dan uang untuk Lebaran. Setelah tahu perkiraan jumlahnya, ya saya kerja keras untuk mendapatkan uang tersebut.

Kalau bulan ini nggak dapet jumlah sekian maka bulan depan harus dapat uang lebih besar lagi. Alhamdulillah bisa aja tuh target saya tercapai. Rumus saya supaya target saya tercapai adalah niat + usaha/kerja keras + doa = target tercapai. Kalau bulan ini penghasilan yang ditargetkan tidak tercapai ya kejar lagi bulan depannya. Begitu terus sampe VR46 jadi presiden... eehhh sampe target tercapai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun