Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Duo Ducati Berjaya di Brno, Marquez dan Rossi Tak Berkutik

5 Agustus 2018   21:45 Diperbarui: 7 Agustus 2018   11:59 777 8 3
Duo Ducati Berjaya di Brno, Marquez dan Rossi Tak Berkutik
Andrea Dovizioso juara seri Brno (dok.motogp.com)

Masalah ban kembali menghantui Yamaha. Start dari posisi dua dan sempat memimpin beberapa saat tak membuat hasil balapan Yamaha di seri Brno Republik Czech hari ini bagus juga. Ban medium dan hard yang digunakan, membuat Valentino Rossi harus puas finish di posisi 4. Vinales bahkan jatuh dan gagal finish.

Ducati menggila di seri Brno. Andrea Dovizioso memenangi seri ini dan Lorenzo mendampingi di podium dua. Digdayanya Ducati membuat Marquez tak berkutik ketika melawan Lorenzo dan harus ikhlas berdiri di podium 3. Tumben ye killer insting nya Lorenzo hari ini muncul. Jadi nggak pasrah aja dibabat Marquez.

Jalannya balapan

Track Brno yang panjang membuat balapan hanya melahap 21 lap. Kalo nggak salah sih ini balapan yang lap nya paling sedikit. Andrea Dovizioso memulai balapan dari posisi pole. The Doctor start dari posisi dua dan Marc Marquez start dari posisi tiga. Franco Morbidelli yang absen beberapa seri hari ini mulai balapan lagi. Tapi Pol Espargaro kudu absen karena cedera di warm up lap tadi siang.

Lorenzo happy di podium 2 (dok.motogp.com)
Lorenzo happy di podium 2 (dok.motogp.com)
Tumben Vale melakukan start dengan sempurna dan langsung memimpin balapan. Biasanya Vale suka telat start tuh. Baru aja lap pertama dimulai tapi korban sudah berjatuhan. Bradley Smith, Stefan Bradl dan Vinales terlibat kontak dan jatuh berbarengan. Insiden yang menimpa 3 rider ini diinvestigasi oleh Race Director.

Vale tak lama memimpin balapan karena Dovizioso ambil alih posisinya. Vale turun kedua sekarang. Lap ketiga Alex Rins catat fastest lap 1:57:165. Marquez yang ada di posisi 4 sempat terlibat sedikit kontak dengan Petrucci. Lap 22 Marc coba lewati Lorenzo buat posisi 3 tapi belum berhasil.

Lap 5 Petrucci catat fastest lap 1:56:975. Marc akhirnya berhasil naik ke posisi 3. Lorenzo turun keempat. Vale masih menempel ketat Dovi dan mencari celah untuk menyalip. Namun Dovi cerdas menutup racing line Vale. Lap 6 Rabat catat fastest lap 1:56:946. Sejak awal bergabung di MotoGP Rabat hanya menjadi pelengkap aja di kelas ini. Belum pernah bagus hasil balapannya.

podium Brno (dok.motogp.com)
podium Brno (dok.motogp.com)
Lap 7 Marcdi posisi 3 makin mendekati Vale. Di belakangnya ada Lorenzo yang makin dekat juga. Lap 8 Lorenzo lewati Marc dari sebelah dalam dan berhasil. Lorenzo ketiga sekarang. Vale yang panas diasapi terus sama berhasil lewati Dovizioso. Vale memimpin balapan dan Dovi turun kedua. Top 4 saat ini adalah The Doctor, Dovizioso, Lorenzo dan Marquez.

Lap 9 Rabat out dari balapan karena motornya bermasalah. Marquez yang konsisten menempel Lorenzo lewati Lorenzo buat posisi 3. Marc ganti mengejar Dovizioso. Lap 10 Marc lewati Dovi tapi Dovi melawan. Posisi tak berubah.. Dovi kedua dan Marquez ketiga.

Lap 11 Cal Crutchlow lewati Lorenzo buat posisi 4 sementara Dovizioso juga berhasil lewati Vale. Kelar dipecundangi Dovi, Vale kembali juga dibabat Marquez. Vale turun ke posisi 3.

Bahaya masih mengincar Vale karena di belakangnya ada Crutchlow yang datang mendekat. Apes dah ini babang Vale. Terlihat ban nya mulai kewalahan.

Lap 12 jarak top 4 masih tipis dan bener kan Vale kena diovertake Crutchlow. Vale turun lagi ke posisi 4 tapi nggak lama Vale kudu turun lagi ke posisi 5 setelah diovertake Lorenzo.

Di posisi terdepan, Dovizioso berjuang melepaskan diri dari kejaran Marquez. Tapi Marquez mana mau menyerah. Tambah repot karena Cructhlow juga ikutan ngejar. Lorenzo yang kepercayaan dirinya naik lagi, lewati Crutchlow buat posisi 3 di lap 17.

keempat aja (dok.motogp.com)
keempat aja (dok.motogp.com)
4 lap tersisa posisi top 4 adalah Dovi, Marc dan Lorenzo. Pada sebuah kesempatan Lorenzo overtake Dovi dan Marquez sekaligus dengan manuver yang smooth banget. Sesaat Lorenzo memimpin balapan sebelum akhirnya Dovizioso balik overtake Lorenzo lagi. 3 lap tersisa Lorenzo nggak mau menyerah di posisi dua. Ia bertarung melawan Dovizioso.

2 lap tersisa Lorenzo overtake Dovi tapi Dovi segera overtake balik. Gigi Dall'Igna santai saja melihat dua anak buahnya bertarung di track. Marc yang menguntit sejak lama melihat celah buat overtake Lorenzo. Ia mencoba menyalip namun tak berhasil. Lap terakhir.. Marquez berusaha lebih keras. Namun Lorenzo menutup racing line Marquez dengan cerdas.

Akhirnya Dovizioso menjadi pembalap pertama yang sampai ke finish diikuti oleh Lorenzo dan Marquez. Vale berhasil lewati Crutchlow di final sector dan finish keempat. Cal Crutchlow yang performanya juga keren hari ini puas finish kelima.  Lumayan lah ya posisi 4.. daripada lumanyun heheheh. Nampaknya masalah ban emang belom didapat solusinya oleh Yamaha.

Besok akan dilakukan test resmi di Brno dan minggu depan ada balapan seri Austria. Padat emang nih jadwal minggu ini. Berharap hasil tes resmi besok akan bagus. Berikut hasil selengkapnya MotoGP seri Brno dan klasemen sementara :

hasil race Brno (dok.motogp.com)
hasil race Brno (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)