Mohon tunggu...
Yasmin salwa Darmawan
Yasmin salwa Darmawan Mohon Tunggu... seorang pelajar

Pelajar -Desain Grafika

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Berhemat Kuota, Jalan Pintas Menjadi Kaya?

9 Maret 2021   17:44 Diperbarui: 9 Maret 2021   18:18 50 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berhemat Kuota, Jalan Pintas Menjadi Kaya?
Ilustrasi I pexels.com

Gim dan Media sosial rasanya sudah menjadi menu lezat selama di rumah saja ya? Jika jawaban kita iya, berarti kita sama. Dan harus diakui kan, selama berada di rumah saja, menjalani kegiatan belajar bersama internet menjadi kebutuhan pokok saat ini.

Memang sih banyak sekali hal baru yang bisa kita jelajahi guna memetik manfaat berinternetan ria ini kan? Ya selain hal yang berkenaan dengan pelajaran saya di sekolah, termasuk hiburannya!

Namun jika terus diturutin tentu saja menguras uang jatah jajan yang sepertinya harus memenuhi kebutuhan kuota saja. Padahal dahulu dan saat ini, pastilah berbeda, terutama jatah jajan yang kita terima dari orang tua.

Satu-satunya jalan yang bisa dilakukan untuk membatu orang tua kita, ya tentu saja berhemat kuota, dengan menggunakannya pada hal-hal yang produktif saja.

Saya jamin, memulainya pastilah sulit, namun ya bisa saja hal ini bisa kita biasakan untuk mengaplikasikan pribahasa dari guru kita dulu, jika hemat itu pangkal kaya kan? hemat bukan berarti pelit dan toh tidak menyusahkan orang lain kan?

Nah ada beberapa cara yang sudah saya lakukan selama dua bulanan ini dan sedikit-demi sedikit melepaskan candu gadget akibat Pandemi ini. Ini beberapa jurus saya, anggap saja ini cara smooth untuk pelit!

1. Offline-in aja beberapa aplikasi

Di samrtphone kita pastilah tersemat banyak aplikasi yang selalu meminta kita online dan berpotensi menyedot banyak pulsa.  Ayo ngaku! Katakan saja aplikasi Youtube atau Google Map, yang patilah mampu menghisap jumlah kuota kita dalam-dalam.

Namun saya yakin, minimal kedua aplikasi itu akan sulit kita abaikan ya setiap saat? Mensiasatinnya ya sudah offlinin aja deh! Jadi bisa rem-rem dikit keinginan kita untuk menonton tayangannya apa saja.

Eh sudha tahu jua kan? jika kedua aplikasi itu, ada juga mode offline nya kok! Coba periksa deh! Sdengan cara itu, sangat memungkinkan untuk bisa menonton tayangan apa saja meski tidak punya sinyal atau tidak menggunakan kuota.

Asiknya lagi, banyak aplikasi music streaming juga menghadirkan fitur offline ini kok! Jadi kita tinggal download saja dan menikmatinya berulang kali. Hasilnya significant, kita bisa menghemat berpuluh-puluh megabyte kuota kita untuk bisa digunakan pada hal penting lainnya. Mayan!

2. Matikan saja koneksi internet, pada waktu tertentu

Cara ekstreem lainnya, yakni mematikan koneksi internet kita ya! Hanya pada waktu-waktu tertentu yang kita sepakati. Misalkan pada saat kita ingin tidur atau mandi agar ya lgi-lagi kita bisa berhemat kuota kan?

3. Atur saja notifikasi penggunaa datanya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x